Berikut Manfaat Sehat dari Kuning dan Putih Telur, Apa Saja?

Lukman Sanjaya
4 Min Read

jfid – Tidak hanya enak telur ternyata juga ada berbagai kandungan manfaat didalamnya mulai dari kuning telur hingga putih telur.

Mungkin kita hanya mengira bahwa telur hanyalah pelengkap dalam setiap sajian makan kita sehari-hari, namun tidak hanya itu.

Telur telah menjadi bagian dari diet manusia selama ribuan tahun dan terus menjadi makanan pokok di seluruh dunia. Dengan demikian, penting untuk memahami manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh telur, khususnya kuning dan putih telur.

Saya kutip dari doktersehat.com, kuning telur sering kali dianggap sebagai bagian telur yang tidak sehat karena kandungan kolesterolnya.

Namun, kuning telur juga mengandung berbagai nutrisi penting. Sebagian besar nutrisi dalam telur ada di kuning telurnya.

Makan telur utuh, kuning dan putihnya secara bersamaan, dapat memberikan asupan protein, lemak, dan kalori, yang lebih seimbang.

Kuning telur mentah dari satu telur standar berukuran besar meliputi: Kalori 55, Protein 2,70 gram, Lemak 4,51 gram, Kolesterol 184 miligram (mg), Karbohidrat 0,61 gram, Gula 0,10 gram. Kuning telur juga mengandung 7 mineral penting, antara lain: Kalsium, Zat besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Sodium, Seng.

Selain itu, kuning telur merupakan sumber banyak vitamin. Berikut berbagai vitamin dalam kandungan kuning telur berukuran besar atau setara 17 gram: Tiamin 0,030 mg, Riboflavin 0,090 mg, Niasin 0,004 mg, Vitamin B6 0,060 mg, Vitamin B12 0,332 mikrogram (mcg), Vitamin A 64,8 mcg, Vitamin E 0,439 mcg, Vitamin D 0,918 mcg, Vitamin K 0,119 mcg.

Kuning telur juga mengandung berbagai jenis protein yang membantu mengurangi jumlah senyawa dalam tubuh yang menyebabkan peradangan.

Selain itu, kuning telur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Telur menambah 50% asupan yang cukup untuk nutrisi penting pada bayi menyusui dan memberikan perlindungan kekebalan daya tahan tubuh.

Putih telur kaya akan albumin yang merupakan sumber protein.

Jika Anda ingin membentuk otot atau menjaga berat badan ideal Anda dengan diet tinggi protein rendah lemak dan kalori maka mengonsumsi putih telur adalah jawabannya.

Sebutir telur utuh mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Namun jumlah kolesterol dalam sebutir telur hanya terdapat di dalam kuningnya saja.

Jika Anda takut makan telur karena tidak ingin semakin menambah jumlah asupan kolesterol harian Anda hanya cukup mengeluarkan kuning telur dan menikmati putih telurnya saja.

Putih telur menjadi pilihan cocok untuk sarapan bagi mereka yang membutuhkan asupan yang rendah kalori.

Putih telur juga mengandung tinggi kalsium. Wanita membutuhkan banyak kalsium untuk meningkatkan kekuatan tulang dan menghindarkan diri dari osteoporosis.

Manfaat putih telur berikutnya adalah melindungi tubuh dari kanker berkat kandungan seleniumnya.

Selain itu putih telur juga memiliki manfaat untuk wajah. Umumnya dipadukan dengan lemon dan madu yang kemudian dijadikan masker. Masker putih telur dipercaya mampu mengurangi komedo dan jerawat di wajah.

Kuning dan putih telur memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memasukkan kedua bagian ini ke dalam diet sehari-hari kita.

jangan sampai lupa untuk konsultasikan lebih lanjut mengenai manfaat kuning telur dan  putih telur.

Kepada dokter di lingkungan terdekatmu, supaya lebih yakin akan kebenaran manfaat yang terkandung dalam kuning telur dan putih telur.

Selamat membaca semoga bermanfaat.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article