Eksfoliasi Wajah: Cara Merawat Kulit dengan Mengangkat Sel-sel Mati

Shofiyatul Millah
5 Min Read

jfid – Kulit wajah yang bersih, cerah, dan sehat adalah impian banyak orang. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara merawat kulit wajah dengan baik.

Salah satu perawatan kulit yang sering diabaikan adalah eksfoliasi wajah.

Eksfoliasi wajah adalah proses menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang terakumulasi di permukaan kulit, sehingga menghasilkan kulit yang lebih bersih, cerah, dan sehat.

Eksfoliasi wajah memiliki banyak manfaat, antara lain:

– Membantu penyerapan produk kecantikan yang digunakan setelahnya, sehingga hasilnya lebih maksimal

– Mencegah timbulnya jerawat, komedo, dan pori-pori besar

– Meminimalkan munculnya kerutan halus dan garis-garis di wajah

– Mencerahkan kulit yang kusam dan mengatasi hiperpigmentasi

– Menstimulasi regenerasi kulit dan meningkatkan elastisitas kulit

Namun, eksfoliasi wajah juga memiliki risiko jika tidak dilakukan dengan benar, seperti iritasi, kemerahan, kering, atau bahkan luka.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara memilih dan menggunakan produk eksfoliasi wajah yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit.

Ada dua jenis eksfoliasi wajah, yaitu physical exfoliator dan chemical exfoliator.

Physical exfoliator adalah produk yang mengandung butiran-butiran halus, seperti gula, garam, biji-bijian, atau walnut, yang berfungsi sebagai scrub untuk menggosok kulit mati.

Chemical exfoliator adalah produk yang mengandung bahan kimia, seperti asam alfa hidroksi (AHA), asam beta hidroksi (BHA), asam poli hidroksi (PHA), atau retinoid, yang berfungsi sebagai peeling untuk melarutkan ikatan antara sel-sel kulit mati.

Untuk memilih produk eksfoliasi wajah yang tepat, berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti:

– Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Kulit kering cocok dengan physical exfoliator yang lembut dan bebas alkohol, kulit berminyak cocok dengan physical exfoliator yang mengandung charcoal atau clay, kulit berjerawat cocok dengan chemical exfoliator yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide, dan kulit sensitif cocok dengan chemical exfoliator yang mengandung enzim buah-buahan atau physical exfoliator yang mengandung oatmeal.

– Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Jika ingin mengatasi kulit kusam, pilih produk yang mengandung AHA, seperti glycolic acid atau lactic acid.

Jika ingin mengatasi jerawat dan komedo, pilih produk yang mengandung BHA, seperti salicylic acid.

Jika ingin mengatasi kerutan dan penuaan, pilih produk yang mengandung retinoid, seperti retinol atau tretinoin.

– Pilih produk yang sesuai dengan frekuensi penggunaan.

Jika ingin melakukan eksfoliasi wajah setiap hari, pilih produk yang ringan dan lembut, seperti micellar water, toner, atau cleanser yang mengandung AHA, BHA, atau PHA.

Jika ingin melakukan eksfoliasi wajah seminggu sekali, pilih produk yang lebih kuat dan intensif, seperti masker, serum, atau peeling solution yang mengandung AHA, BHA, PHA, atau retinoid.

Selain memilih produk yang tepat, cara menggunakan produk eksfoliasi wajah juga perlu diperhatikan agar hasilnya optimal dan tidak menimbulkan efek samping.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan:

– Bersihkan wajah dari makeup atau kotoran yang menempel di permukaan kulit. Bisa dengan mencucinya dengan air hangat atau menggunakan makeup remover.

– Oleskan produk eksfoliasi wajah secara merata ke seluruh wajah, hindari area mata dan bibir.

Jika menggunakan physical exfoliator, gosok secara lembut dengan gerakan memutar.

Jika menggunakan chemical exfoliator, biarkan selama beberapa menit sesuai dengan petunjuk penggunaan.

– Bilas wajah dengan air dingin hingga bersih dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan pelembap wajah untuk menjaga kelembapan kulit.

– Gunakan tabir surya atau sunscreen jika melakukan eksfoliasi wajah di pagi atau siang hari, karena kulit yang baru terbentuk lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin dan benar, kulit wajah akan terlihat lebih bersih, cerah, dan sehat.

Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi kulit dan menghindari produk atau bahan yang bisa menyebabkan alergi atau iritasi.

Jika ragu, konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan produk eksfoliasi wajah.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article