Selain AF, Tiga Bacalon ini Potensi Saingi Kyai, AF unggul 7 poin dari UAH

Rasyiqi
By Rasyiqi
3 Min Read
Achmad Fauzi, Bacalon Bupati Sumenep 2020
Achmad Fauzi, Bacalon Bupati Sumenep 2020

Sumenep – Nama-nama Bakal calon Bupati Sumenep, yang memiliki tren popularitas di masyarakat Sumenep adalah nama Kyai. Artinya, sebagian banyak masyarakat Sumenep, menginginkan Bupati dari nama Kyai. Hal itu bisa digambarkan dalam hasil polling jurnafaktual.id. Anda juga bisa berpartisipasi dengan mengisi polling di bawah ini.

Dari data riset yang dihimpun jurnalfaktual.id, Kyai memiliki tingkat kepopuleran tertinggi dibandingkan dengan nama-nama yang bermunculan sebagai bacalon Bupati Sumenep. Sebut saja Achmad Fauzi, Malik Efendi, Fattah Jasin, dan Kurniadi.

Pertama, Achmad Fauzi dan Malik Efendi bukan tokoh baru di Kabupaten Sumenep. Keduanya memiliki popularitas dan basis pengikut tersendiri, karena kiprahnya sebagai Politisi. Sebut saja Achmad Fauzi, yang pernah berkarir di PT WUS, mengantarkannya menjadi Wakil Bupati Sumenep dan ketua DPC PDIP Sumenep.

Sedangkan nama Malik Efendi, bukan wajah baru dalam konstalasi politik Sumenep. Dirinya adalah politikus senior, seorang dedengkot PAN yang bisa menembus pasar politik di markas Nahdiyin. Malik Efendi, politisi yang jejak rekamnya dikursi legislatif tak diragukan lagi.

Kedua, nama Fattah Jasin, pendatang baru di dunia perpolitikan Sumenep. Namanya cukup populer di masyarakat Sumenep, sejak memantapkan maju di Pilkada Sumenep 2020. Fattah Jasin memiliki jejak rekam sebagai Birokrat selama 32 tahun di Provinsi Jawa Timur. Untuk menjadi Bupati Sumenep, pengalaman Fattah Jasin di Birokrasi menjadi modal utama pencalonannya.

Kurniadi, salah satu bakal calon bupati alternatif dari praktisi hukum dan seorang Intelektual. Namanya besar ketika membawa Lembaga Bantuan Hukum Madura. Jejak rekamnya tercatat Sejak Mahasiswa, Kurniadi seorang aktivis HMI (pengurus Batko HMI Jatim). Kiprahnya dikenal melalui pendampingan-pendampingan di ranah hukum dan seorang pengusaha sukses dibidang peternakan, namun kematangannya sebagai Politisi masih dipertanyakan.

Keempat, nama diatas berpotensi menyaingi popularitas bacalon Bupati Sumenep dari kalangan Kyai. Data result polling jurnalfaktual.id, nama-nama bacalon Bupati dari kalangan Kyai, seperti Shalahuddin A. Warist, Iliyasi Siraj, Nur Faizin, diungguli empat bacalon Bupati yang disebut diatas.

Shalahuddin A. Warist yang sebelumnya sempat memimpin perolehan suara tertinggi dari hasil Votes, kemudian dikejar jauh oleh Achmad Fauzi. Atau Ilyasi Sirad dan Nur Faizin yang tertinggal dibawah Malik Efendi, Fattah Jasin, dan Kurniadi. Fenomena bakal calon Bupati Sumenep memiliki pola dan tren yang tak homogen dari pilihan nama-nama Kyai. Artinya, dari nama yang berlatar Kyai, tidak selamanya memiliki tingkat popularitas tinggi dibandingkan dengan bacalon yang ada.

Sampai catatan ini diturunkan, Ahmad Fauzi (AF) mengejar ketertinggalannya, unggul 7 poin dari Unais Ali Hisyam (UAH).

[totalpoll id=”24568″]

Share This Article