5 Resep Pempek Paling Mantap untuk Tahun Baru

Noer Huda
3 Min Read
5 Resep Pempek Paling Mantap untuk Tahun Baru
5 Resep Pempek Paling Mantap untuk Tahun Baru

jfid – Pempek, warisan kuliner khas Palembang, telah lama menjadi favorit tidak hanya di kota asalnya tetapi juga di seluruh Indonesia.

Keistimewaan pempek tidak hanya terletak pada cita rasa gurih dan kenyalnya, tetapi juga pada pesan filosofis yang terkandung di dalamnya.

Dipercaya bahwa makanan ini tidak hanya memuaskan lidah namun juga membawa makna yang mendalam dalam tradisi dan budaya Palembang.

Kata “empek-empek” atau “pek-pek” yang menjadi asal-usul nama pempek dianggap berasal dari sebutan lelaki tua pada pria Tionghoa yang pertama kali menciptakan hidangan ini.

Bentuknya yang bulat dan warnanya yang kuning dikatakan melambangkan keberuntungan, kekayaan, dan keharmonisan. Oleh karena itu, pempek seringkali menjadi bagian dari perayaan-perayaan penting, termasuk merayakan momen spesial seperti malam pergantian tahun.

Tidak hanya menjadi santapan lezat, tetapi pempek juga memberikan pengalaman bersama yang berkesan saat disajikan dan disantap bersama keluarga.

Oleh karena itu, di bawah ini kami sajikan beberapa resep pempek yang dapat Anda coba untuk menyajikannya di tengah-tengah perayaan Tahun Baru:

Pempek Ikan Tenggiri

Pempek yang paling umum dan populer ini terbuat dari ikan tenggiri yang digiling halus, dicampur dengan tepung sagu, telur, garam, dan penyedap.

Bentuk adonan sesuai selera, rebus hingga mengapung, tiriskan, dan goreng hingga matang. Sajikan dengan kuah cuka, ebi, dan bawang goreng.

Pempek Adaan

Berbentuk bulat dan berisi santan, pempek ini dibuat dengan mencampur daging ikan, santan, telur, bawang putih, bawang merah, garam, gula, lada bubuk, dan tepung sagu.

Rebus dan goreng hingga keemasan, lalu sajikan dengan kuah cuka, ebi, dan bawang goreng.

Pempek Dos

Alternatif bagi yang tidak suka ikan, pempek dos terbuat dari tepung terigu, bawang putih, air, garam, dan penyedap.

Bentuk adonan, rebus, goreng, dan sajikan dengan kuah cuka, ebi, dan bawang goreng.

Pempek Kulit Crispy

Menggunakan kulit ikan yang digoreng hingga renyah, pempek ini dibalut dengan tepung sagu, garam, dan penyedap.

Sajikan dengan kuah cuka, ebi, dan bawang goreng untuk sensasi renyah yang tak terlupakan.

Pempek Lenggang

Dari sisa adonan pempek lain, dibuatlah pempek lenggang yang terdiri dari adonan dadar dengan tambahan telur.

Panaskan, lipat, balik, dan potong. Sajikan dengan kuah cuka, ebi, dan bawang goreng.

Menghadirkan hidangan pempek di meja saat malam pergantian tahun tidak hanya tentang cita rasa yang memikat, tetapi juga tentang kehangatan dan kebersamaan keluarga.

Nikmati momen menyenangkan ini sambil merayakan pergantian tahun dengan harapan baru dan semangat yang membara.

Selamat mencoba lima resep pempek yang telah kami sajikan. Semoga momen tahun baru Anda dikelilingi kebahagiaan, kehangatan, dan kesuksesan bersama keluarga tercinta.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article