MPK SMAN I Sumenep, Studi Demokrasi di Gedung DPRD

Rasyiqi By Rasyiqi - Writer, Digital Marketer
2 Min Read
Majelis Permusyawaratan Kelas Smansa studi Demokrasi di Gedung DPRD Sumenep
Majelis Permusyawaratan Kelas Smansa studi Demokrasi di Gedung DPRD Sumenep

jf.id – Siswa Smansa yang tergabung di Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) lakukan studi Demokrasi di Gedung DPRD Sumenep. Para siswa, melihat langsung kondisi dan situasi Dewan Perwakilan Rakyatnya. Rabu (22/1/2020).

Tidak kurang dari tiga puluh siswa Smansa Sumenep dengan didampingi tiga gurunya, meninjau lokasi ruangan fraksi dan ruang Komisi DPRD Sumenep.

Dinendra, ketua Majelis Permusyawaratan Kelas Smansa, menyampaikan pada jurnalfaktual.id, jika maksud dan kedatangan MPK ke Gedung DPRD Sumenep dalam rangka studi Demokrasi.

“Kita dalam rangka studi Demokrasi, kami bisa tau, tentang alat kelengkapan dewan, struktur dewan. Dan kami bisa langsung melihat simulasi sidang DPRD. Ini karena support dari pak Syamsul, Kepala Sekolah SMAN I,” ujar ketua MPK Smansa.

Dilain hal, guru SMAN I Sumenep, yang juga sebagai pembina MPK, mengatakan, jika Kunjungan siswanya ke Gedung DPRD sebagai studi lapangan.

“Ini studi lapangan, MPK sebagai salah satu lembaga legislatif sekolah, perlu tau bagaimana kelembagaan di DPRD. Ini juga, salah satu persiapan dalam agenda pertemuan MPK se-Madura,” ujar Ivan, guru Smansa.

Syamsul Arifin, kepala sekolah SMAN I Sumenep, mengatakan, jika para siswa-siswi SMAN I Sumenep yang tergabung di MPK, sudah terbiasa menghadiri sidang Paripurna.

“MPK sering datang dan melihat langsung, berjalannya sidang Paripurna di DPRD. Sebagai sekolah unggulan dan sekolah percontohan di Indonesia. MPK perlu melakukan studi Demokrasi,” ujar Syamsul Arifin, Kepala Sekolah yang berprestasi.

Share This Article