Membumikan NTB Gemilang di Tengah Covid19

Rasyiqi
By Rasyiqi
7 Min Read


Oleh Suaeb Qury
Ketua LTN NU NTB

Opini jfID – Sudah lama sebutan NTB, nasib tergantung bali hilang dari telinga masyarakat NTB dan stigma itu, kini berubah menjadi NTB (Nusa Tenggara Berubah) dan menjelma ibarat gadis cantik. Bagaimana tidak kerja keras para pendahulu memoles NTB menjadi cantik dan bisa keluar dari kawasan Indonesia timur yang tertinggal, kini menjadi gadis yang berdaya saing dan harapan untuk Gemilang.

Mempertahan dan tetap menjaga NTB yang sudah menjadi magnet perubahan khususnya di kawasan Indonesia Timur, itu tidak mudah tanpa ada terobosan baru yang dilakukan dan sejalan dengan apa yang dikatakan oleh sang Gubernur NTB” melanjutkan dan menentukan sebuah perjuanga harus dari langkah pertama” Seiringnya waktu berjalan usia kepemimpin Dr.Zul dan Dr.Rohmi yang memasuki dua tahun berjalan dan tanda sebuah ikhtiar yang diawali dengan memastikan langkah pertama sudah ada titik terang menunju NTB Gemilang.

Modal dasar dan keyakinan untuk Nusa Tenggara Barat yang Gemilang, disadari atau tidak bahwa penting diawali dengan cara kerja yang penuh semangat dan bahu membahu semua pihak. Tentu tidak cukup hanya para pemimpin dan pejabat saja, melaiankan semua pihak yang ada di Bumi Sasak Samawa dan Mbojo ini ikut berkontribusi untuk NTB.

Jika saja, semangat kerja yang optimisme yang dibangun dan dengan pondasi yang kuat, maka sumber daya manusia Nusa Tenggara Barat akan muncul dan ibarat gunung es, bisa memberikan harapan besar bagi kemajuan NTB masa yang akan datang. Sudah banyak terbukti bahwa kita dan generasi emas di NTB sudah banyak melahirkan karya dan hasil yang tidak kalah jauh dengan daerah lain di Indonesia. Apa itu, hari ini dan akan datang akan tercatat dalam sejarah bukti itu, seperti hasil karya UKM dan SMK di Lombok Barat mampu menciptkan sepeda listrik dan kulkas raksasa ( pendingin ikan), tidak sampai disitu saja, hari ini juga para deson dan Mahasiswa UTS (universitas Teknologi Sumbawa) mampu menciptakan dan memproduksi rapites covid19.

Begitu juga dengan impian bahwa tidak cukup apa yang dihasilkan oleh Bumi NTB dengan karya para pejuang di NTB. Dan kedepannya juga akan muncul dan lahir dan serta tumbuh para petani, pelaut, pengrajin, hutan dan perternakan dan sebagainya. Tentu akan bisa menikmati hasil olahan dan diproduksi oleh atas nama pribadi, kelompok. Dan mimpi itu sudah bisa terwujud hari ini dan akan datang dengan modal gerakan industrialisasi.

Sederetan gambaran umum dari cita- cita mulian sang Gubernur NTB membangun NTB Gemilang. Bukanlah sesuatu yang tidak mungkin terjadi begitu saja, melainkan apa yang dilakukan dengan segala instrumen kebijakan dan keberpihakan dalan anggaran serta modal kemauan masyarakat yang ingin bangkit. Kebangkitan dan semangat itu, terlihat dengan nyata dari tumbuhnya para IKM dan UKM di NTB yang mencapai 4ribu lebih yang terakomodir dalam program JPS Gemilang.

Walaupun di tengah covid 19 yang melanda Negeri ini. Pilihan gerakan membumikan NTB dengan membangkitkan kembali para pejuang IKM dan UKM di NTB adalah gerakan keumatan yang dilakukan sang Gubernur NTB, tentu demi meyemalatkan ekonomi kelas menengah dan lapis bawah. Hal ini terbukti dengan capaian pengelolaan dan realisasi anggaran 2020 yang mencapai 44 persen, hampir mendekati DKI Jakarta yang 45 persen dari sekian Proponsi di Indonesia. Keberpihakan pemerintah daerah NTB dengan program JPS gemilang untuk IKM dan UKM menjadi contoh bagi daerah lain. Dan wajar saja NTB berada diposisi kedua dari DKI Jakarta dalam hal serapan danbreakisasi pengelolaan keuangan daerah.

Bukti itu dirasajakan juga oleh semua kalangan dalam berintraksi sosial yang merupakan tanggung jawab sang gubernur dalam membuka jendala intraksi media sosia. Dan itulah yang dimaknai sebagai proses berdemokrasi yang selama ini dibagun oleh sang Gubernur. Bagaimana tidak, ruang itu dibuka disemua segmen dari media sosial dan sampai forum terbuka bagi masyarakat untuk bersuara dan memberikan kritikan dan kontribusi positif demi NTB Gemilang.

Apa yang dilihat hari ini, dari cara Gubernur adalah bagian dari membumikan NTB gemilang. Lihat saja dari sekian banyak media percakapan inteluktual dimedia sosial dan media komunikasi yang mengulas berbagai prespektif dari banyak kenyataan keberhasilan yang dilakukan oleh Gubernur NTB, itu percapakan yang tersebar dimasyarakat paling bawah sampai Publik elit dan NTB secara umum dan Indonesia.

Dan pilihan kata membumikan ntb gemilang untuk Indonesia, bukan sesuatu yang tidak mungkin berkontribusi langsung untuk kemajuan Indonesia, sebuah realitas yang hari ini dibuktikan oleh Gubernur NTB kepada bangsa bahwa NTB menjadi bagian dari sebuah perubahan menuju Indonesia yang maju. Sejarah itu, akan lahir dari perubahan berpikir dan cara kerja anak bangsa yang hidup di Bumi NTB.

Bukti itu juga, terlihat dari sejumlah program dan gerakan yang dilakukan oleh Gubernur NTB, seperti program beasiswa luar negeri, program Industrilisasi dan program zero wezte dan baru-baru ini juga meluncurkan program mawar emas (gerakan dari masjid melawan rentenir) dalam upa membangitkan ekenomi umat islam.

Semoga gerakan membumikan NTB gemilang untuk Indonesia, walaupun ditengah covid 19 melanda dunia, Indonesia dan NTB dan itulah cara kita membagi informasi pengetahuan serta mensyiarkan kenyataan dan kebaikan yang ada. Wallahualam bissawab

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article