Fresh Graduate, Siap-Siap! Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka!

Rasyiqi By Rasyiqi - Writer, Digital Marketer
6 Min Read
Fresh Graduate, Siap-Siap! Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka!
Fresh Graduate, Siap-Siap! Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka!

jfid – Bagi banyak orang, menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah impian yang selalu dikejar. Bekerja di pemerintahan dianggap sebagai pekerjaan yang stabil, bergengsi, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Namun, untuk mewujudkan impian tersebut, tidaklah mudah. Setiap tahun, persaingan untuk masuk menjadi PNS semakin ketat. Apalagi, pemerintah tidak selalu membuka rekrutmen CPNS setiap tahun.

Namun, tahun ini, ada kabar gembira bagi para pencari kerja yang ingin menjadi PNS. Pemerintah akan kembali membuka rekrutmen CPNS pada awal Januari 2024 mendatang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan secara langsung jumlah formasi dan kriteria CPNS yang dibutuhkan pemerintah.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Jokowi meminta agar fresh graduate atau lulusan baru diprioritaskan untuk direkrut sebagai CPNS.

Mengapa Fresh Graduate?

Azwar Anas menjelaskan bahwa pemerintah memiliki alasan tersendiri untuk membuka lowongan CPNS bagi para lulusan baru.

Salah satunya adalah karena kuota lulusan baru pada rekrutmen CPNS dan PPPK tahun sebelumnya lebih sedikit.

“Kemudian kedua kita akan lakukan rekrutmen fresh graduate, anak-anak yang baru lulus, yang selama ini belum ada rekrutmen CPNS,” ujarnya pada Minggu (31/12/2023).

Selain itu, pemerintah juga ingin merekrut talenta-talenta digital yang diperlukan untuk mempercepat transformasi digital di sektor publik.

Azwar Anas menekankan bahwa talenta digital yang dicari bukanlah marketing digital, seperti pinjaman online dan lain-lain, tapi lebih ke hulunya, misalnya digital di sektor pertanian, kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Pemerintah juga berharap dengan merekrut fresh graduate, bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di pemerintahan.

Fresh graduate dianggap memiliki semangat, kreativitas, inovasi, dan adaptabilitas yang tinggi.

Mereka juga diharapkan bisa membawa perubahan positif dan memperbaiki citra pelayanan publik di Indonesia.

Persiapan yang Perlu Dilakukan

Bagi para fresh graduate yang tertarik untuk mendaftar CPNS 2024, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan.

Pertama, tentu saja, harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti ijazah, transkrip nilai, KTP, dan lainnya. Pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah dilegalisir dan difotokopi sesuai ketentuan.

Kedua, harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes seleksi CPNS, yang terdiri dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

SKD menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang menguji kemampuan dasar, seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

SKB menggunakan sistem Work and Personality Test (WPT) yang menguji kemampuan spesifik sesuai bidang jabatan yang dipilih.

Untuk bisa lolos tes seleksi CPNS, para fresh graduate harus belajar dan berlatih dengan giat. Banyak referensi dan bahan belajar yang bisa ditemukan di internet, baik berupa buku, video, maupun aplikasi.

Selain itu, penting juga untuk mengikuti informasi terbaru seputar CPNS, baik melalui media massa, media sosial, maupun situs resmi pemerintah, seperti sscn.bkn.go.id.

Ketiga, harus mempersiapkan mental dan motivasi yang kuat. Menjadi PNS bukanlah perkara mudah. Banyak tantangan dan tanggung jawab yang harus diemban.

Oleh karena itu, para fresh graduate harus memiliki alasan yang jelas dan kuat mengapa mereka ingin menjadi PNS. Apakah karena ingin mengabdi kepada negara, ingin membantu masyarakat, atau ingin mengembangkan karier di pemerintahan?

Jika alasan dan motivasi sudah jelas, maka langkah selanjutnya adalah menentukan bidang dan instansi yang sesuai dengan minat, bakat, dan kompetensi masing-masing.

Jangan asal pilih, karena setiap bidang dan instansi memiliki tugas, fungsi, dan kultur yang berbeda-beda. Pilihlah bidang dan instansi yang benar-benar sesuai dengan passion dan visi hidup masing-masing.

Peluang dan Tantangan

Menurut Azwar Anas, jumlah formasi CPNS 2024 belum bisa diumumkan saat ini, karena masih menunggu pengumuman resmi dari Presiden Jokowi.

Namun, ia memastikan bahwa jumlahnya akan cukup besar, mengingat kebutuhan ASN di daerah-daerah masih sangat tinggi, terutama di sektor pelayanan dasar, seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lainnya.

Selain CPNS, pemerintah juga akan membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk menyelesaikan permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah.

PPPK adalah pegawai yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian untuk melaksanakan tugas pemerintahan dan pelayanan publik dengan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu.

Dengan adanya rekrutmen CPNS dan PPPK 2024, tentu saja ini menjadi peluang yang sangat besar bagi para fresh graduate yang ingin menjadi bagian dari pemerintahan.

Namun, di sisi lain, ini juga menjadi tantangan yang sangat berat, karena persaingan yang pasti akan sangat ketat. Apalagi, CPNS dan PPPK memiliki standar kualifikasi dan kompetensi yang tinggi.

Oleh karena itu, para fresh graduate harus benar-benar siap dan serius untuk mengikuti rekrutmen CPNS dan PPPK 2024. Jangan sampai menyerah atau putus asa di tengah jalan.

Tetap semangat, optimis, dan berdoa. Ingatlah bahwa menjadi PNS bukanlah tujuan akhir, tapi awal dari perjalanan panjang untuk melayani negara dan masyarakat. Semoga berhasil!

Share This Article