Nggak Perlu Mahal, Inilah Tips Merayakan Tahun Baru Hemat Budget yang Dijamin Seru

Rasyiqi
By Rasyiqi
6 Min Read
Nggak Perlu Mahal, Inilah Tips Merayakan Tahun Baru Hemat Budget yang Dijamin Seru
Nggak Perlu Mahal, Inilah Tips Merayakan Tahun Baru Hemat Budget yang Dijamin Seru

jfid – Tahun baru adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Selain menjadi tanda awal dari lembaran baru, tahun baru juga menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Namun, merayakan tahun baru seringkali identik dengan mengeluarkan uang banyak. Mulai dari tiket pesawat, hotel, restoran, hingga tiket masuk tempat wisata, semua membutuhkan budget yang tidak sedikit.

Lantas, bagaimana caranya kita bisa merayakan tahun baru dengan hemat tanpa mengurangi keseruan dan kebahagiaan? Apakah ada tips merayakan tahun baru hemat budget yang bisa kita terapkan? Tentu saja ada.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Moms coba untuk merayakan tahun baru dengan cara yang lebih ekonomis tapi tetap menyenangkan.

Rencanakan Acara di Rumah

Siapa bilang merayakan tahun baru harus selalu di luar rumah? Di rumah pun kita bisa membuat acara yang tidak kalah seru.

Moms bisa mengundang teman-teman dan keluarga, bermain game, atau menyelenggarakan pesta potluck di mana setiap orang membawa makanan atau minuman.

Dengan begitu, kita bisa menghemat biaya transportasi, parkir, dan makan di luar.

Selain itu, merayakan tahun baru di rumah juga lebih nyaman dan aman. Kita tidak perlu khawatir dengan kemacetan, keramaian, atau bahaya kriminalitas.

Kita juga bisa lebih leluasa mengatur waktu dan aktivitas yang kita inginkan. Jadi, jangan ragu untuk membuat acara tahun baru di rumah, ya.

Mencari Promo dan Diskon

Jika Moms tetap ingin merayakan tahun baru di luar rumah, ada baiknya untuk mencari promo dan diskon yang ditawarkan oleh berbagai toko dan restoran.

Seiring mendekatnya tahun baru, banyak tempat yang menawarkan penawaran khusus yang bisa kita manfaatkan. Misalnya, diskon tiket pesawat, hotel, restoran, atau tempat wisata.

Sebelum merencanakan acara, telusuri penawaran-penawaran ini untuk mendapatkan harga yang lebih baik.

Pilih restoran atau toko yang menawarkan diskon khusus tahun baru atau pilih paket promo untuk menghemat lebih banyak uang.

Moms juga bisa membandingkan harga dari berbagai sumber untuk mendapatkan yang paling murah.

Buat Resolusi Keuangan

Salah satu cara terbaik untuk merayakan tahun baru dengan hemat adalah dengan membuat resolusi keuangan.

Tetapkan tujuan keuangan untuk tahun mendatang dan buat langkah-langkah konkret untuk mencapainya.

Ini mungkin termasuk menabung lebih banyak, mengurangi utang, atau mengelola pengeluaran dengan lebih bijak.

Dengan membuat resolusi keuangan, kita bisa lebih termotivasi untuk menghemat uang dan tidak boros.

Kita juga bisa lebih fokus pada hal-hal yang penting dan bermakna, daripada sekadar memuaskan hasrat konsumtif. Dengan begitu, kita bisa merayakan tahun baru dengan lebih tenang dan bahagia.

DIY Dekorasi dan Hiasan

Membeli dekorasi tahun baru di toko-toko khusus bisa mahal. Cobalah untuk membuat dekorasi sendiri dengan bahan-bahan murah seperti kertas, kain, atau barang-barang yang sudah ada di rumah.

Ini tidak hanya akan menghemat uang, tetapi juga memberikan sentuhan pribadi dan kreatif pada perayaan Moms.

Moms bisa membuat dekorasi tahun baru sesuai dengan tema atau warna yang diinginkan. Misalnya, membuat balon, bendera, atau lonceng dari kertas berwarna-warni.

Atau, membuat lilin, lentera, atau lampu hias dari botol bekas. Moms juga bisa mengajak anak-anak untuk ikut berpartisipasi dalam membuat dekorasi tahun baru.

Jika Moms merencanakan pesta di rumah, pertimbangkan untuk membuat menu sendiri. Pilih resep-resep yang menggunakan bahan-bahan yang terjangkau tetapi tetap lezat.

Moms juga bisa membuat makanan bersama dengan tamu-tamu, sehingga tidak hanya menghemat uang tetapi juga menciptakan pengalaman yang menyenangkan.

Moms bisa membuat menu tahun baru yang sesuai dengan selera dan kebiasaan makan keluarga. Misalnya, membuat ayam bakar, sosis barbeque, salad buah, atau kue-kue manis.

Atau, membuat menu khas dari berbagai negara, seperti pizza, sushi, taco, atau nasi goreng. Yang penting, menu tahun baru harus sehat, bergizi, dan mengenyangkan.

Pertimbangkan Alternatif Hiburan Gratis

Alih-alih pergi ke cafe atau menghadiri acara berbayar, pertimbangkan untuk mencari alternatif hiburan gratis.

Banyak kota menyelenggarakan pertunjukan kembang api atau acara musik gratis pada malam tahun baru. Ini bisa menjadi cara yang menyenangkan dan ekonomis untuk merayakan momen istimewa.

Moms bisa mencari informasi tentang lokasi dan jadwal acara tahun baru gratis di kota Moms. Atau, Moms bisa mencari tempat-tempat yang menawarkan pemandangan indah dan romantis, seperti pantai, taman, atau bukit.

Moms juga bisa menikmati hiburan gratis di rumah, seperti menonton film, mendengarkan musik, atau membaca buku.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Moms dapat merayakan tahun baru dengan gembira tanpa harus mengorbankan stabilitas keuangan.

Jangan lupa untuk merencanakan dengan bijak dan menyesuaikan perayaan dengan anggaran yang Moms miliki. Semoga tahun baru mendatang membawa kebahagiaan dan kesuksesan finansial bagi Moms!

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article