Warga Pagantenan Pamekasan, Swadaya Perbaiki Jalan Kabupaten

Rasyiqi
By Rasyiqi
2 Min Read

jfID – Warga desa Plakpak, Kecamatan Pagantenan, Pamekasan, lakukan swadaya masyarakat untuk perbaiki jalan Kabupaten dari arah kecamatan Blumbungan menuju kecamatan Pagantenan. Kegiatan tersebut dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat setempat yang didukung oleh para tokoh.

Budaya gotong royong masyarakat Pamekasan tampak terlihat sebaimana yang dilakukan warga desa Plakpak, Kecamatan Pagantenan, hal ini bisa menjadi percontohan untuk membangun kemandirian perbaiki infrastruktur jalur darat.

Hal tersebut, di inisiasi oleh para tokoh dan masyarakat kecamatan Pagantenan yang didukung oleh H. Satrah Kepala Desa Plakpak.

Lutfi Rizal, tokoh masyarakat setempat, menyampaikan pada jurnalfaktual.id, jika pentingnya sebuah kerja gotong royong dan swadaya masyarakat.

“Ini adalah wujud tindakan dari masyarakat Pagantenan, khususnya warga Plakpak yang peduli dengan kondisi jalan yang rusak. Selama masyarakat berkeinginan, dan didukung oleh para tokoh, maka semua akan terealisasi,” ungkap Lutfi Rizal, Rabu (29/7/2020).

Lutfi Rizal menambahkan, jika dana yang digunakan untuk perbaikan jalan Kabupaten dari arah Blumbungan menuju Pagantenan adalah hasil swadaya masyarakat Pagantenan.

“Dana ini menggunakan dana swadaya masyarakat. Bukan ADD/DD desa, tapi didukung oleh H. Satrah, Kades Plakpak,” ungkapnya.

Carek Plakpak, Fauzan, juga mengungkapkan, jika perbaikan jalan Kabupaten dari Blumbungan menuju Pagantenan adalah hasil swadaya masyarakat Pagantenan.

“Kegiatan ini murni Swadaya masyarakat yang didukung oleh Kades Plakpak. Dan pengerjaannya dikerjakan secara sukarela. Ini bisa menjadi percontohan, bagi masyarakat di Pamekasan. Jika ada jalan rusak, tidak perlu saling menunggu. Langsung perbaiki dan ini mengurangi beban pemerintah daerah,” terang Fauzan, tokoh masyarakat Plakpak, yang juga sebagai Carek.

Reporter: Maulidi

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article