Wanginya Sate Kelinci Bu Atiek

Herry Santoso
3 Min Read
Warung Sate Bu Atiek dan Insert Herry Santoso
Warung Sate Bu Atiek dan Insert Herry Santoso

jfID – SATE KELINCI Bu Atiek, Dusun Boto, Desa Sidomulyo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri memang selalu ramai pengunjung.
        “Sehari kami menghabiskan sedikitnya 30 ekor kelinci, Pak. ” tutur Bu Atiek (30) pada penulis yang sengaja ingin mencicipi daging hewan pemamah biak itu.
       Semakin jauh berbincang dengan perempuan paruh baya itu, kian mengasyikkan. Satu ekor kelinci jenis sedang dengan berat badan (BB) 4 kg akan menghasilkan 60 tusuk sate, dan jika jenis kelinci jumbo dengan BB 14 kg bisa mencapai 150 tusuk.
       ” Tapi harga kelinci saat ini naik, Pak. Kelinci jenis Angora (jumbo) bisa mencapai Rp 350 – 400 ribu rupiah, sedangkan kelinci lokal paling besar cuma Rp 100 ribu. ” ujar perempuan piawai mengolah berbagai resep dari daging kelinci itu. Harga per 10 tusuk (sejinah) dibanderol  Rp 25.000,-

Analisis Nutrisi Daging Kelinci (Per 100 Gram)

_ Kalori (kcal) 173
_ Lemak jenuh 0,8 g
_ Lemak tak jenuh 1,0 g
– Natrium 45 mg
– Kalium 343 mg
– Karbohidrat 0,5 g
– Protein 33 g
– Kalsium 18 mg
– Vit B 12 : 6,5 ug
– Magnesium 31mg

Minim Lemak Jenuh

      Sebagai daya tarik daging kelinci adalah minim lemak jahat (kolesterol) dan bertekstur halus dan kesat tak banyak mengandung lemak laiknya daging kambing. Hal tersebut lantaran  hewan mamalia ini termasuk keluarga Liporide, (keluarga kanguru, manguos, dll) yang aktif siang dan malam. Kelinci secara alamiah suka menggali lubang di tanah sebagai tempat berlindung.
      Daging kelinci sendiri termasuk rendah lemak jahat, sehingga banyak orang yang gemar mengonsumsi. Aromanya pun tidak menyengat (lengur) laiknya daging kambing atau domba  sekaligus sehat untuk diet.

Aneka Resep

        Masih berkait dengan Warung Sate Kelinci Bu Atiek,  menyediakan menu yang variatif seperti sate, gule, rica-rica, dan tongseng kelinci. Buka dari pukul 09.00 sd. 20.00 Wib kecuali Hari Jumat.
      Dari jejauhan aroma sate yang dibakar di atas bara semerbak membuat perut keroncongan. (Herry Santoso) ***

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

TAGGED:
Share This Article