Sektor Pariwisata Kabupaten Lampung Barat Terus Digencar

Dedi Farwazi By Dedi Farwazi
2 Min Read

jf ID – Upaya kembangkan kepariwisataan di Lampung barat, Dinas kepemudaan, olahraga dan pariwisata, Gelar forum diskusi dengan tema ” NGOPI WINE ” (Ngobrol pinter wisata negeri sekala bekhak) di Hotel Sari rasa, kecamatan balikbukit, Kamis ( 20/02 ).

Tujuan dari diskusi terbuka ini, yakni untuk menggali pengalaman, bertukar ide, dan saling memberi masukan antar berbagai pelaku pariwisata. Informasi yang diperoleh akan disatukan dan disusun menjadi sebuah panduan pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata di Lampung barat.

Kegiatan yang dihadiri oleh berbagai penggiat wisata seperti (Pokdarwis) Kelompok Sadar Wisata, perwakilan ( OPD ) organisasi perangkat daerah, dan sejumlah pengusaha ini merupakan salah satu upaya Dinas pariwisata untuk meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

Sementara itu, dari hasil diskusi terdapat beberapa catatan penting untuk ditindak lanjuti. Diantaranya yakni, segmen pasar yang perlu ditentukan di tahap awal sebelum dilakukan pengembangan, kualitas Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan pariwisata, serta informasi detail untuk destinasi wisata yang ada.

Kepala Dinas Pariwisata Lampung barat, mengatakan untuk mengembangkan obyek wisata diperlukan dukungan penuh dari berbagai pihak baik pemerintah maupun masyarakat.

“Peran serta masyarakat adalah hal yang penting untuk menjamin keberhasilan program pemerintah. Sinergitas yang baik antara masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah daerah menjadi kunci utama kesuksesan untuk kemajuan pariwisata kita,” ungkap Tri Umaryani, kepala dinas Pariwisata Lampung Barat

Di akhir diskusi, Disparpora juga menyampaikan bahwa semua saran dan masukan akan menjadi pembahasan lebih lanjut di tingkat dinas dan pemerintah daerah untuk mengambil langkah-langkah konkret demi terwujudnya pariwisata Lampung barat yang maju dan berdaya saing.

Share This Article