Pilkada Sumenep dan Politik Potong Rambut

Rasyiqi
By Rasyiqi
3 Min Read

jfid – Pilkada serentak resmi ditetapkan pada 9 Desember yang sebelumnya terjadwal 23 September 2020, karena pandemi Covid-19. Kabupaten Sumenep, juga akan menghelat pesta rakyat tersebut, dengan syarat protokol penanganan kesehatan.

Para bakal calon Bupati dan wakil Bupati Sumenep yang klier pasang badan adalah pasangan Achmad Fauzi dan Dewi Khalifah, walau secara administratif masih belum mendaftarkan diri ke KPU Sumenep.

Disatu sisi, Bacalon Bupati yang akan menjadi rival terberatnya adalah Fattah Jasin (yang diberi surat tugas PKB) untuk membangun gerbong koalisi dengan partai lain. Lantas, siapakah wakil Bupati yang akan mendampinginya? Karena tahapan dimulai 15 Juni mendatang.

Dengan deadline yang tidak lama lagi, partai yang ingin koalisi dengan PKB, tentu mendekat, agar tidak tertinggal kereta. Bagaimana dengan gerbong  PPP?

Pada 11 Mei 2020, KH. Muhammad Shalahuddin Ahmad Warist (Ra Mamak) Potong Rambut disalah satu pangkas rambut di Jln. Irama Kepanjen (Kediaman RB. Fattah Jasin).

Ketua DPC PPP Sumenep, saat memotong rambut di Jln. Irama Kepanjen, tentu menjadi tanda tanya besar? Apakah di Guluk-guluk (kediaman Ra Mamak) tidak ada pangkas rambut? Ataukah di Kecamatan Ganding, tidak ada pangkas rambut? Kenapa potong rambut di sebelah timur rumah Fattah Jasin?

Saya menyebutnya, Politik potong rambut

Sinyal PPP semakin kuat berkoalisi dengan PKB. Sebelumnya, KH. Imam Hasyim, Ketua DPC PKB, menyebut, “jika banyak yang berpotensi mendampingi Fattah Jasin sebagai wakilnya, termasuk Ra Mamak,” terang Kyai Imam Hasyim, di MWCNU kecamatan Lenteng.

Ra Mamak pun, saat ditanya soal koalisi PKB dan PPP, dirinya menyebut ” koalisi PKB dan PPP adalah koalisi ideal,” tegasnya, di gedung Graha Gusdur Pamolokan.

Namun, tidak hanya Ra Mamak yang berpotensi mendampingi Fattah Jasin. Banyak orang menyebut, Hairul Anwar (PAN) juga berpotensi mendampingi Fattah Jasin. Hal itu, dipertegas oleh Wasekjen DPP PAN (Slamet Ariyadi), jika Hairul Anwar harus maju di Pilkada Sumenep.

Siapakah wakil Bupati yang akan mendampingi Fattah Jasin?

Saat Fattah Jasin ditanya soal siapa yang layak untuk dijadikan wakilnya? Dirinya menjawab, “wakil Bupati yang akan mendampingi saya, saya pasrah pada Partai Pengusung dan para Ulama,” terang Fattah Jasin, sebagaimana dikutip dari jurnalfaktual.id.

Politik potong rambut seakan memastikan, jika Pilkada 9 Desember mendatang akan terjadi Head To Head. Potong rambut seperti halnya cermin komunikasi tersembunyi dari seorang Ra Mamak.

Dan jika ditarik, korelasi pernyataan Fattah Jasin soal wakilnya yang pasrah pada Partai Pengusung dan para Ulama. Tampak jelas, jika wakil yang akan mendampingi Fattah Jasin adalah Ra Mamak.

Jika benar demikian, Pilkada Sumenep akan terjadi Head To Head antara pasangan Ahmad Fauzi – Dewi Khalifah Vs. Fattah Jasin – Ra Mamak.

Deni Puja Pranata

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article