Aktivitas Pesantren Segera Normal

Rasyiqi
By Rasyiqi
1 Min Read

jfID – Setelah Idul Fitri, saya banyak menerima permintaan dari beberapa pengasuh ponpes di Sumenep agar aktivitas belajar mengajar bisa kembali dilakukan. Permintaan ini harus disikapi dengan serius di mana pemkab harus melakukan langkah konkret untuk menjamin para santri bisa kembali belajar.

Langkah tersebut bisa berupa pemberian bantuan sarana dan prasana pesantren sesuai protokol kesehatan COVID-19 seperti bilik disinfektan, masker, hand sanitizer, tempat cuci tangan dan obat-obatan. Bisa juga dilakukan rapid test bagi santri dan pengajar sebelum pembukaan pesantren.

Banyak sarana di pesantren yang kondisinya seadanya. Di sini pemkab bisa melakukan sosialiasi dan edukasi sehingga berbagai sarana pesantren mulai dari ruangan belajar, kamar mandi, tempat wudhu, kamar santri, hingga masjid bisa memenuhi protokol kesehatan COVID-19.

Saya harap pemkab dapat mengupayakan pembukaan kembali ponpes ini. Demikian pula dengan alokasi anggaran untuk menunjang ketahanan ekonomi santri dan para pengajar yang diperlukan dalam memasuki New Normal, sehingga aktivitas belajar mengajar di pondok pesantren bisa berjalan lancar dan tetap aman dari potensi penularan virus corona.

Seruan moral, KH. Abdul Hamid Ali Munir

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article