Jangan Lupa Lakukan Shalat Gerhana dan Ambil Hikmah Gerhana Matahari Cincin di NTB

Rasyiqi By Rasyiqi - Writer, Digital Marketer
2 Min Read

Lombok Tengah,- Gerhana matahari cincin yang sudah di rubrik kan beberapa hari yang lalu terlihat di beberapa wilayah Provinsi di Indonesia, salah satunya di wilayah Provinsi NTB di prediksikan akan terlihat di NTB. pada 26 Desember 2019 nanti, artinya gerhana tersebut dapat terlihat Di NTB.

Gerhana matahari cincin terjadi tatkala matahari, bulan, dan bumi terletak pada satu garis sehingga tidak sepenuhnya cahaya matahari dapat diterima bumi. Disebut gerhana matahari cincin karena cahaya matahari yang menuju ke bumi ditutup sepenuhnya oleh permukaan bulan, sehingga tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Dilansir dari situs BMKG, Wilayah yang terlewati jalur cincin pada gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Samudera Pasifik.

Gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 ini dapat diamati di sedikit Afrika bagian Timur, seluruh wilayah Asia, Samudra India, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian. Untuk Provinsi NTB visibilitas gerhana termasuk gerhana matahari sebagian (0.68 – 0.69)

Terkait dengan phenomena ini, warga muslim diharapkan mampu mengambil hikmah dan melakukan shalat gerhana matahari.

Kementrian Agama RI, melalui Binmas Kemenag RI sendiri telah secara resmi mengeluarkan press relis terkait dengan sholat gerhana matahari (khusuf) di semua wilayah.

Press Relis itu dikeluarkan berdasarkan data astronomis, tanggal 29 Rabiul Akhir 1441 H, mulai pukul 10:34, sampai 12:17 dan akan berakhir pada pukul 14;00.

Warga Nahdliyin di NTB pun di instruksikan untuk melakukan amalan seperti tawassul kepada rasulullah, membaca ya jabbar sebanyak 99 kali, ya qahhar 99 kali, setelah shalat gerhana.

Share This Article