Eprahim Mordechai Jurnalis Israel Ditangkap Usai Laporkan Tumpukan Mayat Tentara Israel di Rumah Sakit

ZAJ
By ZAJ
2 Min Read
Invasi Israel Ke Gaza: Akankah Hamas Jatuh?
Invasi Israel Ke Gaza: Akankah Hamas Jatuh?

jfid – Ephraim Mordechai, seorang jurnalis Israel yang terkenal, ditangkap oleh pihak berwenang setelah ia melaporkan tentang kematian tentara Israel di Gaza. Mordechai diduga menyatakan bahwa ia melihat mayat puluhan tentara Israel ditumpuk di dalam rumah sakit di Tel Aviv.

Menurut tuduhan, tentara Israel sekarang menyimpan mayat tentara mereka, yang digambarkan Mordechai sebagai jumlah yang mengkhawatirkan, di dalam rumah sakit di Tel Aviv dan tidak menyerahkannya kepada orang tua dan keluarga mereka.

Penangkapan Mordechai menimbulkan kemarahan dan kecaman dari berbagai pihak, termasuk organisasi hak asasi manusia, persatuan wartawan, dan aktivis pro-Palestina.

Mereka menuntut pembebasan Mordechai dan menganggap penangkapan itu sebagai pelanggaran terhadap kebebasan pers dan hak asasi manusia. Mereka juga menyoroti kondisi kemanusiaan yang mengerikan di Gaza, di mana lebih dari 10.000 orang tewas akibat serangan Israel sejak Oktober 2023.

Namun, tentara Israel membantah tuduhan tersebut dan mengklaim bahwa Mordechai adalah korban tembakan salah sasaran oleh sekutu Hamas. Juru bicara tentara Israel Daniel Hagari mengatakan bahwa saat serangan terjadi, tentara Israel tidak melakukan operasi udara di dekat rumah sakit, dan roket yang menghantam gedung itu tidak sesuai dengan milik mereka.

Dia menambahkan bahwa tentara Israel juga akan menyediakan percakapan dalam bahasa Arab yang mengindikasikan serangan itu bukan dilakukan oleh pihaknya.

Sementara itu, Hamas, gerakan perlawanan Palestina yang menguasai Gaza, membantah keterlibatan mereka dalam serangan rumah sakit dan menuduh Israel berbohong untuk menutupi kejahatan mereka. Hamas juga mengatakan bahwa mereka akan terus melawan Israel sampai mereka mengakhiri blokade dan pendudukan terhadap Gaza.

Belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Israel mengenai penangkapan Mordechai. Beberapa sumber mengatakan bahwa Mordechai ditahan di sebuah penjara rahasia dan diancam dengan tuduhan pengkhianatan dan spionase. Mordechai dikenal sebagai jurnalis yang kritis terhadap kebijakan Israel terhadap Palestina dan sering melaporkan dari Gaza.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article