Mitsubishi Tak Khawatir dengan Tahun Politik, Malah Lihat Peluang Besar di Pasar Otomotif Indonesia

ZAJ
By ZAJ
9 Min Read
Mitsubishi Tak Khawatir dengan Tahun Politik, Malah Lihat Peluang Besar di Pasar Otomotif Indonesia
Mitsubishi Tak Khawatir dengan Tahun Politik, Malah Lihat Peluang Besar di Pasar Otomotif Indonesia

MMKSI memiliki alasan untuk optimis, mengingat capaian positif yang diraih selama tahun 2023. Meski dihadapkan dengan sejumlah tantangan, seperti krisis chip semikonduktor, lonjakan harga bahan baku, dan pembatasan mobilitas akibat pandemi, MMKSI berhasil menjaga posisi di pasar otomotif Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 10,6 persen di tahun 2023.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Mitsubishi secara wholesales mencapai 71.086 unit sepanjang Januari-November 2023, turun 19,4 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 88.239 unit.

Sementara penjualan retail tercatat menembus angka 75.053 unit pada 11 bulan pertama 2023, turun 16,5 persen secara year-on-year (YoY) dari 89.867 unit.

Namun, penurunan penjualan tersebut masih lebih rendah dibandingkan dengan penurunan penjualan mobil secara nasional, yang mencapai 23,8 persen secara wholesales dan 20,9 persen secara retail.

Hal ini menunjukkan bahwa Mitsubishi masih memiliki daya saing yang kuat di pasar otomotif Indonesia, terutama di segmen kendaraan niaga ringan (LCV) dan sport utility vehicle (SUV).

Salah satu produk unggulan Mitsubishi yang menjadi andalan penjualan adalah Xforce, sebuah SUV 7-seater yang diluncurkan pada Oktober 2023. Xforce merupakan produk baru yang dikembangkan khusus untuk pasar Indonesia, dengan menggabungkan desain yang sporty, fitur yang lengkap, dan performa yang tangguh.

Xforce berhasil mencuri perhatian konsumen Indonesia, dengan meraih lebih dari 4.000 surat pemesanan kendaraan (SPK) hingga akhir November 2023.

Xforce juga mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain sebagai Car of The Year 2023 versi Majalah Otomotif, Best of The Best Car 2023 versi Majalah Mobil Motor, dan Best SUV 2023 versi Majalah Auto Bild.

Produk lain yang juga menjadi andalan penjualan Mitsubishi adalah Pajero Sport, sebuah SUV premium yang memiliki reputasi sebagai kendaraan tangguh dan nyaman. Pajero Sport berhasil mempertahankan posisinya sebagai market leader di segmen medium SUV diesel, dengan pangsa pasar sebesar 54,2 persen pada Januari-November 2023.

Selain produk-produk tersebut, Mitsubishi juga memiliki produk-produk lain yang memiliki loyalitas konsumen yang tinggi, seperti Xpander, Xpander Cross, Triton, Colt Diesel, dan Fuso. Produk-produk ini memiliki keunggulan masing-masing, baik dari sisi kualitas, kenyamanan, keamanan, maupun efisiensi.

Strategi Komprehensif untuk Tahun 2024

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article