Mau Tau Karaktermu? Coba Deh Tes Kepribadian Ini

Noer Huda By Noer Huda - Content Creator
4 Min Read
Mengapa Penampilan Menjadi Acuan Sifat dari Kerakter Seseorang?
Mengapa Penampilan Menjadi Acuan Sifat dari Kerakter Seseorang?

jfid – Apakah Anda pernah merasa terombang-ambing dengan karakter diri sendiri? Atau penasaran dengan potensi dan bakat yang mungkin tersembunyi di dalam diri? Jika ya, tak ada salahnya mencoba serangkaian tes kepribadian yang mungkin membantu mengungkap sisi-sisi tersebut.

Tes kepribadian bukanlah semata alat untuk mengidentifikasi karakter, minat, dan potensi, namun juga dapat menjadi pencerahan dalam menavigasi kehidupan.

Ada beragam jenis tes kepribadian, mulai dari yang dipakai oleh perusahaan dalam rekrutmen hingga yang bisa Anda jalani sendiri untuk eksplorasi diri yang lebih baik.

Mari kita telusuri beberapa tes kepribadian yang paling populer dan berguna saat ini, mulai dari MBTI, DISC, hingga Enneagram.

MBTI: Penemuan Tipe Kepribadianmu dari 16 Pilihan

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) mencoba mengukur preferensi seseorang dalam memproses informasi dan membuat keputusan.

Dibuat oleh Isabel dan Katharine Briggs Myers pada masa Perang Dunia II, tes ini membagi kecenderungan individu dalam empat dimensi utama: pemusatan perhatian (Introvert vs Extrovert), cara memahami informasi (Sensing vs Intuition), gaya pengambilan keputusan (Thinking vs Feeling), dan gaya hidup (Judging vs Perceiving).

Hasilnya adalah kombinasi dari empat huruf yang mencerminkan tipe kepribadian seseorang dari 16 pilihan yang tersedia.

RIASEC: Eksplorasi Karier Sesuai dengan Kepribadianmu

RIASEC, yang dikembangkan oleh psikolog John L. Holland, menyoroti enam tipe kepribadian yang dapat menjadi pedoman untuk menentukan pilihan karier yang sesuai.

Setiap tipe mencerminkan minat dan bakat tertentu dalam berbagai aktivitas atau pekerjaan. Misalnya, Tipe R lebih cenderung pada pekerjaan teknis atau mekanik, sementara Tipe S lebih tertarik pada bidang yang melibatkan interaksi sosial atau bantuan kepada orang lain.

DISC: Memahami Gaya Perilaku dan Emosional Anda

DISC, yang berfokus pada Dominance, Inducement, Submission, dan Compliance, memberikan gambaran yang lebih rinci tentang bagaimana seseorang bereaksi terhadap situasi atau tantangan tertentu.

Melalui tes ini, individu dapat mendapatkan pemahaman lebih dalam mengenai gaya perilaku dan emosional mereka sendiri serta bagaimana berinteraksi dengan orang lain berdasarkan perbedaan gaya mereka.

Enneagram: Memetakan Sembilan Tipe Kepribadian

Enneagram, sebuah model psikologi yang membagi kepribadian menjadi sembilan tipe dengan interkoneksi antar tipe, memberikan pemahaman yang lebih holistik.

Dari tipe 1 hingga tipe 9, setiap tipe memiliki motivasi, keinginan, dan ketakutan yang berbeda, memberikan wawasan yang mendalam tentang berbagai dimensi manusia.

Kesimpulan

Tes kepribadian dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam memahami dan mengungkap sisi-sisi diri yang mungkin tidak terlalu jelas.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa hasil tes ini tidaklah menjadi satu-satunya penentu dari siapa sebenarnya diri Anda.

Setiap individu unik dan kompleks, dan hasil dari tes-tes ini sebaiknya dijadikan sebagai panduan, bukan penilaian mutlak tentang diri Anda.

Semoga artikel ini membantu Anda dalam memulai perjalanan eksplorasi kepribadian yang lebih dalam dan menemukan wawasan yang berharga untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik

Share This Article