5 Sayuran Ini Sangat Cocok Jadi Pengganti Nasi, Bisa Turunkan Berat Badan 5 Kg Seminggu

ZAJ
By ZAJ
5 Min Read
5 Sayuran Ini Sangat Cocok Jadi Pengganti Nasi, Bisa Turunkan Berat Badan 5 Kg Seminggu
5 Sayuran Ini Sangat Cocok Jadi Pengganti Nasi, Bisa Turunkan Berat Badan 5 Kg Seminggu

jfid – Siapa bilang diet itu harus menderita? Tidak perlu menahan lapar atau menghindari makanan favorit, asalkan kita tahu cara mengganti sumber karbohidrat yang biasanya kita dapatkan dari nasi.

Ya, nasi memang menjadi makanan pokok bagi sebagian besar orang Indonesia, tapi ternyata ada banyak alternatif lain yang lebih sehat, rendah kalori, dan kaya serat. Dengan mengonsumsi sayuran pengganti nasi ini, kita bisa menurunkan berat badan hingga 5 kg dalam seminggu, loh!

Sayuran apa saja yang bisa kita jadikan pengganti nasi? Berikut ini beberapa pilihannya, yang diambil dari halaman web NOVA.id dan beberapa sumber lainnya:

Wortel. Sayuran berwarna oranye ini memiliki kalori rendah, hanya sekitar 41 kalori per 100 gram. Wortel juga kaya akan serat larut yang membuat kita kenyang lebih lama, serta vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Wortel bisa kita parut, kukus, rebus, atau goreng dengan sedikit minyak untuk dijadikan nasi wortel. Wortel juga bisa kita campur dengan sayuran lain seperti kembang kol atau brokoli untuk menambah variasi.

Kembang kol. Sayuran ini adalah alternatif nasi yang populer di kalangan penggemar diet rendah karbohidrat, karena kandungannya yang sangat rendah, hanya sekitar 25 kalori dan 5 gram karbohidrat per 100 gram.

Kembang kol memiliki rasa yang ringan dan tekstur yang mirip dengan nasi, sehingga bisa kita olah dengan mudah. Caranya, kita cukup memotong kembang kol menjadi kecil-kecil dan menghaluskannya di blender atau food processor, lalu menumisnya dengan sedikit minyak atau mentega.

Kita juga bisa menambahkan bumbu-bumbu seperti garam, merica, bawang putih, atau saus tiram untuk memberi rasa.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article