Perang Dunia II: Sejarah Perang yang Membentuk Dunia Modern

Rasyiqi
By Rasyiqi
3 Min Read
Perang Dunia II

Perang Dunia II adalah salah satu peristiwa sejarah paling penting yang pernah terjadi. Perang ini berlangsung selama lebih dari empat tahun, dari tahun 1939 hingga 1945, dan melibatkan lebih dari 70 negara. Perang ini menyebabkan kematian lebih dari 60 juta orang, yang merupakan jumlah yang luar biasa. Perang Dunia II adalah perang yang paling berdampak luas dalam sejarah manusia, dan telah membentuk dunia modern yang kita kenal hari ini.

Konflik yang Memicu Perang Dunia II

Perang Dunia II dimulai dengan invasi Jerman ke Polandia pada tanggal 1 September 1939. Ini adalah tindakan yang diambil oleh Jerman Nazi yang dipimpin oleh Adolf Hitler untuk mengambil alih Polandia. Ini menyebabkan Inggris dan Prancis menyatakan perang kepada Jerman. Selama berbulan-bulan berikutnya, Jerman terus mengambil alih wilayah di Eropa, termasuk Belanda, Belgia, dan Perancis. Pada tahun 1941, Jerman menyerang Uni Soviet, yang menyebabkan Amerika Serikat menyatakan perang kepada Jerman.

Perang di Eropa dan Asia

Perang di Eropa berlangsung selama lebih dari empat tahun. Pada tahun 1944, tentara Sekutu berhasil mengakhiri penjajahan Jerman di Eropa. Pada tahun 1945, Sekutu berhasil mengakhiri Perang Dunia II dengan kemenangan atas Jerman. Di Asia, Perang Dunia II dimulai dengan invasi Jepang ke China pada tahun 1937. Jepang terus mengambil alih wilayah di Asia, termasuk Filipina, Indonesia, dan Semenanjung Korea. Pada tahun 1945, tentara Sekutu berhasil mengakhiri penjajahan Jepang di Asia.

Konsekuensi Perang Dunia II

Perang Dunia II memiliki konsekuensi yang luas dan berdampak luas pada dunia modern. Perang ini menyebabkan kematian lebih dari 60 juta orang, yang merupakan jumlah yang luar biasa. Perang ini juga menyebabkan kerusakan ekonomi yang luas di seluruh dunia. Perang ini juga menyebabkan berbagai perubahan politik di seluruh dunia, termasuk pembentukan Organisasi Bangsa-Bangsa Bersatu dan PBB. Perang ini juga menyebabkan berbagai perubahan sosial dan budaya di seluruh dunia.

Kesimpulan

Perang Dunia II adalah salah satu peristiwa sejarah paling penting yang pernah terjadi. Perang ini berlangsung selama lebih dari empat tahun, dan melibatkan lebih dari 70 negara. Perang ini menyebabkan kematian lebih dari 60 juta orang, yang merupakan jumlah yang luar biasa. Perang Dunia II adalah perang yang paling berdampak luas dalam sejarah manusia, dan telah membentuk dunia modern yang kita kenal hari ini.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article