Silsilah RB. Fattah Jasin dan Hubungan Keluarga dengan Pesantren di Sumenep

Rasyiqi
By Rasyiqi
3 Min Read
Silsilah RB. Fattah Jasin dengan keluarga Pesantren yang disusun peneliti Sejarah Ulama Madura
Silsilah RB. Fattah Jasin dengan keluarga Pesantren yang disusun peneliti Sejarah Ulama Madura

jf.id – RB. Fattah Jasin adalah putra dari pasangan R. P. Moh Taha (Mantan Sekda Sampang) dan R. Kunti. RB. Fattah Jasin, bukanlah seorang Kyai. Tapi, darahnya mengalir titisan Ulama yang melahirkan para ulama-ulama besar di Sumenep.

Dari Nazab R. Kunti (Ibu Fattah Jasin) adalah keturunan Ulama yang melahirkan ulama-ulama besar di Sumenep. Kyai Abdullah (Kyai Entol Bungso, Batuampar) adalah seorang ulama yang keturunannya, menjadi cikal-bakal leluhur para ulama di Sumenep.

Kyai Abdullah (Kyai Entol Bungso, Batuampar) memiliki dua anak yang diantaranya adalah Bindara Saod (Tumenggung Tirtonegoro, Raja Sumenep) dan Bindara Ibrahim (Kyai Saba, Batuampar).

Dari garis keturunan Bindara Ibrahim atau Kyai Saba Batuampar, mempunyai 1 putri dan 2 putra. Yang diantaranya: 1. Nyai Nuruddin atau Nyai Musyarrafah (Nong tenggi, Pakong), 2. kyai Nugrahan (Kyai Pangolo Batuampar I), 3. Kyai Zainal Abidin (Menantu Suradi Benggolo V).

Nasab R. Kunti (Ibu RB. Fattah Jasin) dari garis keturunan Kyai Zainal Abidin. Yang tidak lain adalah putra dari Bindara Ibrahim yang juga menjadi Menantu Suradi Benggolo V, Adipati Semarang.

Kyai Zainal Abidin mempunyai putri Raden Ayu Panji Martarejo dan memiliki putra R. Kawindrorejo dan memiliki putri R. Kunti (Ibu RB. Fattah Jasin).

Dari 3 keturunan Bindara Ibrahim, yaitu Nyai Nuruddin atau Nyai Musyarrafah memiliki putri Nyai Abdul Qorib dan memiliki putri Nyai Murdiyah dan memiliki putra Kyai Idris dan memiliki putra Kyai Khotib dan memiliki putra K. H. A. Jauhari (Pendiri Ponpes Al Amin Prenduan).

Dan Kyai Idris mempunyai Putri bernama Nyai Mariyah (Istri K. H. Moh. Syarqowi, Pendiri Ponpes Annuqoyah Guluk-guluk).

Sungguh, Kabupaten Sumenep terasa sempit, karena, para tokoh-tokoh satu dan yang lainnya adalah satu nasab atau saudara dari leluhur yang sama.

Artinya Kyai Idris yang menjadi cikal-bakal lahirnya para Kyai-kyai di Pondok Pesantren Annuqoyah dan Ponpes Al Amin adalah saudara  (Tello Popo) dengan R. Kunti (Ibu RB. Fattah Jasin).

Artikel sebelumnya, jf.id menulis RB. Fattah Jasin keturunan dari Raden Patah (Sultan Demak). Jika ditarik ke atas, Nasab Gus Fattah Jasin, titisan Raden Patah. Raden Patah atau Praba atau Raden Bagus Kasan alias Jin Bun bergelar Senapati Jimbun atau Panembahan Jimbun adalah pendiri dan Raja Demak pertama yang memerintah tahun 1500-1518. Jika ditarik dari orang tua atau leluhur dari Fattah Jasin, itu ke Kanjeng Suradi Benggolo V (Adipati Semarang) yang tidak lain adalah mertua Sultan Abdurrahman (Raja Sumenep). https://jurnalfaktual.id/webdev/hal-yang-tersembunyi-dari-fattah-jasin-terbongkar/

Deni Puja Pranata

Catatan Redaksi: Sumber Informasi dari Ahli Sejarah (R. B. Moh Farhan, Peneliti Sejarah Ulama Madura). Silsilah yang disusun R. B. Moh Farhan dan Catatan arsip yang diperoleh dari Asta Tinggi Sumenep.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article