PAN Hijau dan PAN Merah di Pilkada Sumenep

Rasyiqi
By Rasyiqi
3 Min Read

Opini jfID – Partai Amanat Nasional (PAN) tak lagi Biru, karena partai besutan Amin Rais tersebut, tidak mengusung kadernya sendiri di kontestasi Pilkada Sumenep 9 Desember nanti. Secara administratif, PAN resmi berkoalisi dengan PDIP (PAN Merah), mengusung pasangan Achmad Fauzi dan Dewi Khalifah.

Disatu sisi, 22 DPC PAN dan para simpatisan PAN di Sumenep, sebelumnya mendeklarasikan “Asal bukan Fauzi” (PAN Hijau). PAN Hijau adalah para kader yang membangkang dari haluan Surat Keputusan DPP PAN yang mendukung pasangan Achmad Fauzi dan Dewi Khalifah di Pilkada Sumenep. Dan menjatuhkan keputusan politiknya untuk mendukung Bacabup Fattah Jasin (yang diusung PKB).

PAN Merah dan PAN Hijau, auranya semakin kuat di Pilkada Sumenep. Di jalan-jalan tampak terlihat, gambar Achmad Fauzi (PDIP) terpampang dengan begrond Biru dan terlihat ratusan relawan Fattah Jasin (PKB), memakai baju hijau dengan logo kecil Hairul Anwar (Ketua BM PAN).

Realitas perpecahan di tubuh PAN jelang Pilkada Sumenep tak bisa menjadi pembenaran jika PAN Sumenep dalam keadaan baik-baik saja dan solid.

Saat polemik kader PAN Sumenep memanas,  kala itu, Kyai Ahmad Azizi, Pembina Organisasi dan Kaderisasi (POK) DPD PAN mencari jalan tengah untuk meminta pada DPP PAN agar SK dukungan pada Achmad Fauzi dan Dewi Khalifah segera dicabut.

Namun, hingga bulan Juli ini, seruan tersebut tak di indahkan oleh DPP PAN.

Saya melihat, para aktivis-aktivis Muhammadiyah juga memiliki ikatan emosional dengan Hairul Anwar (BM PAN) yang menjatuhkan pilihan politiknya pada Fattah Jasin (PKB).

Sebagaimana yang diutarakan pengamat politik Sumenep, Zamrud Khan. “Jika Koalisi PDIP dengan PAN di Pilkada Sumenep, sangat merugikan PDIP. Karena tokoh PAN (Hairul Anwar, red) memiliki basis akar rumput yang mengikuti haluan politik Hairul,” sebagaimana dikutip dari jurnalfaktual.id.

PAN Hijau, secara terang-terangan membangkang keputusan DPP PAN dengan tak mengindahkan SK dukungan pada Achmad Fauzi dan Dewi Khalifah. Disisi lain, PAN Merah secara kasat mata tak tampak secara massal dengan memberikan dukungan pada pasangan Achmad Fauzi dan Dewi Khalifah.

Ada pernyataan menyakitkan yang dilontarkan kader PAN. Hairul Anwar. “Saya tidak ada urusan dengan PAN,”

Deni Puja Pranata

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article