Kelompok Taruna Tani, Ide Kegemaran Ciptakan Peluang Usaha

Syahril Abdillah By Syahril Abdillah
3 Min Read
Kelompok Taruna Tani Ketejer, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah (Foto: Redaksi)
Kelompok Taruna Tani Ketejer, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah (Foto: Redaksi)

Lombok Tengah,- Pemuda yang tergabung dalam Kelompok Taruna Tani Kembang Ketejer. Hari ini dilantik oleh pembina PPL Dinas Pertanian dan Keswan Kabupaten Lombok Tengah di Sekretariat Kelompok Taruna Tani, Ketejer, Kelurahan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Kamis, 26/09/2019.

Acara ini berlangsung dengan khidmat meskipun sederhana, dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pertanian dan Kehewanan Kabupaten Lombok Tengah, Kepala UPT HPT dan Keswan Kecamatan Praya, Pejabat Kelurahan Praya, serta Kepala Lingkungan Ketejer serta tamu undangan.

Kepala UPT Pertanian Kecamatan Praya, Kabupaten Lombokk Tengah, L. Muhammad Samsul Rizal mengukuhkan serta melantik pengurus Kelompok Taruna Tani Kembang Ketejer dengan harapan semoga dengan terbentuknya Kelompok ini, dipastikan mempunyai manfaat bagi peluang usaha yang berbasis ke tarunaan.


“saya ucapkan selamat atas dilantiknya adik-adik pengurus Kelompok Taruna Tani Kembang Ketejer, dan ingat suatu organisasi akan berjalan dengan baik jika memilik jiwa, semangat, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, sehingga jika hal tersebut ter cover dengan baik, maka peluang usaha yang diusung oleh kelompok ini akan tercapai” sebut L. Muhammad Samsul Rizal.

Terpisah, Pembina PPL Dinas Pertanian dan Keswan Kabupaten Lombok Tengah, ibu Hafita mengapresiasi ide yang dicetuskan oleh Kelompok Taruna Tani Kembang Ketejer ini.


“saya sangat bangga dengan ide ini, sebab Kelompok Taruna Tani ini merupakan kelompok Taruna Tani pertama yang ada di Kabupaten Lombok Tengah”. Pungkasnya.

Secara administrative, Hafita menjelaskan bahwa terdapat tiga kelompok yang dicantumkan di Dinas Pertanian dan Keswan Kabupaten Lombok Tengah.


“ada tiga kelompok yang tercantum di Dinas, yakni Kelompok Tani, Kelompok Perempuan Tani, dan yang terakhir adalah Kelompok Taruna Tani, yang sekarang terbentuk ini, jadi terbentuknya Kelompok Taruna Tani ini diharapkan mampu melihat peluang usaha yang memberikan nilai ekonomi bagi anggota dan pemberdayaan masyarakat sekitar”. Harapnya.

Sebelumnya, Kelompok Taruna Tani Kembang Ketejer ini terbentuk atas dasar kegemaran pemuda yang ada di Lingkungan Ketejer, Kelurahan Praya, Kabupaten Lombok Tengah.


“perlu saya sampaikan bahwa, Kelompok Taruna Tani yang kami gagas ini berawal darj kegemaran teman-teman Taruna dalam bidang tanaman hias, bonsae, dan holtikulura, jadi saya melihat ada peluang ekonomi yang bisa kami bangun dengan kegemaran kawan-kawan tersebut, sehingga kami sepakat untuk membentuk semacam kelompok yang diharapakan mampu sebagai penggerak bersama terhadap kemajuan ide ini” ungkap Ahmad Indra Cahyadi, Ketua Kelompok Taruna Tani Kembang Ketejer.

Peluang usaha pada dasarnya tercipta dari kegiatan sehari-hari, akan tetapi untuk mewujudkan peluang tersebut menjadi berkah, maka diperlukan langkah-langkah yang bisa membantu kemajuan atas peluang tersebut.


“sederhana sebenarnya, peluang itu kita yang buat sendiri, dan setelan ditemukannya peluang, maka ada langkah-langkah yang mesti dilakukan agar peluang tersebut tidak hilang secara percuma,” lanjut Ketua Kelompok Taruna Tani.

Laporan: Muh Rizwan

Share This Article