Belum Ada Kejelasan Hingga Lebih 7×24 Jam, LPJ PC IPNU Sumenep Dinilai Fiktif

Fathor Rosy
3 Min Read
Belum Ada Kejelasan Hingga Lebih 7×24 Jam, LPJ PC IPNU Sumenep Dinilai Fiktif
Belum Ada Kejelasan Hingga Lebih 7×24 Jam, LPJ PC IPNU Sumenep Dinilai Fiktif

jfid – Buntut Konferensi Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Sumenep, yang berlangsung sejak 23-24 Januari 2024, di mana guncangan hebat terjadi saat Sidang Pleno Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) keuangan dimulai.

Sejumlah pimpinan, termasuk PKPT STKIP PGRI Sumenep, PAC IPNU Ambunten, PAC IPNU Dasuk, dan PAC yang tergabung dalam Zona Timur Daya menolak LPJ tersebut.

Jazuli, salah satu pimpinan, menyoroti kurangnya transparansi terkait penggunaan dana, termasuk mencatatkan pembelian kerupuk senilai 1.000 rupiah.

“Pimpinan Cabang hanya numpang hidup di IPNU,” tegas ketua PAC IPNU Dasuk mewakili kader-kadernya.” Ucap Jazuli dengan suara lantang sambil menunjuk ke arah Ketua Cabang yang ada di podium.

Salman Alfarisi, Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jawa Timur yang hadir waktu itu, memberikan ultimatum kepada PC IPNU Sumenep untuk memperbaiki LPJ dalam waktu 7×24 jam.

“Karena dari beberapa Pimpinan ada yang menolak, maka kami memberikan kesempatan kepada PC IPNU Sumenep untuk memperbaiki LPJ yang dibuat dalam waktu selambat-lambatnya 7×24 Jam.” Ucap Farisi yang waktu itu memimpin jalannya persidangan.

Meski demikian hingga Rabu, 31 Januari 2024 dan genap 7×24 Jam terhitung sejak LPJ dibacakan, PC IPNU Sumenep belum ada iktikad baik untuk merevisi dan tetap membiarkan ketidak jelasan tersebut.

Beberapa kontroversi muncul di antaranya karena dalam LPJ tersebut tertera keterangan bahwa berkas-berkas terkait keuangan ada di PAC IPNU Pragaan, maka dari itu LPJ yang dibuat PC IPNU Sumenep semakin menciptakan ketidakpercayaan di kalangan kader IPNU Se-Kab. Sumenep dan dinilai hanya hasil copy paste.

Kholil Mas’udi delegasi IPNU Gapura yang hadir waktu itu juga mempertanyakan ketidak jelasan tersebut, dirinya merasa heran karena sekelas Cabang Laporan Pertanggung Jawabannya hasil Copas bahkan ada kalimat menohok yang belum dihapus dan menjadi bukti Copasan tersebut.

“Sejak kapan sekretariat PC IPNU Sumenep pindah ke Pragaan? Ini sekelas Cabang LPJnya kok gak jelas, bahkan kalimat ‘PAC IPNU Pragaan belum dihapus ini bukti kalau kalian Ngopas dan asal-asalan, hati-hati ini laporan keuangan loh tanggung jawab kalian juga di depan Tuhan bukan hanya di depan kader.” Tegas Kholil Mas’udi.

Catatan: Berita ini dikirim oleh penulis. Redaksi tidak bertanggung jawab atas tulisan yang dikirim penulis.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article