Kenapa Android Lebih Baik dari iPhone? Ini Alasannya!

Noer Huda
4 Min Read
Kenapa Android Lebih Baik dari iPhone? Ini Alasannya!
Kenapa Android Lebih Baik dari iPhone? Ini Alasannya!

jfid – Saat ini, pasar smartphone didominasi oleh dua sistem operasi, yaitu Android dan iOS. Kedua sistem operasi ini memiliki penggemar setia yang saling bersaing untuk membuktikan keunggulan produk favorit mereka. Namun, apakah benar bahwa iPhone lebih baik dari Android, atau sebaliknya?

Dalam artikel ini, kita akan mencoba mengulas beberapa alasan mengapa Android lebih baik dari iPhone, baik dari segi harga, kustomisasi, fitur, dan lain-lain.

Tentu saja, ini bukan berarti bahwa iPhone tidak memiliki kelebihan sama sekali, namun kita akan fokus pada aspek-aspek yang membuat Android lebih unggul.

Harga yang Lebih Terjangkau

Salah satu alasan utama mengapa Android lebih baik dari iPhone adalah karena harganya yang lebih terjangkau. Android memiliki banyak pilihan smartphone dari berbagai merek dan kelas, mulai dari yang murah hingga yang mahal.

Hal ini membuat pengguna Android bisa memilih smartphone sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Sementara itu, iPhone hanya memiliki sedikit pilihan smartphone yang harganya cenderung mahal. Meskipun iPhone memiliki kualitas yang bagus, namun tidak semua orang bisa membelinya.

Selain itu, iPhone juga jarang memberikan diskon atau promo, sehingga pengguna harus membayar harga penuh untuk mendapatkan produk terbaru.

Kustomisasi yang Lebih Mudah

Alasan lain mengapa Android lebih baik dari iPhone adalah karena kustomisasi yang lebih mudah.

Android memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mengubah tampilan dan fungsi smartphone mereka sesuai dengan selera dan keinginan mereka.

Pengguna Android bisa mengganti launcher, ikon, tema, widget, font, ringtone, wallpaper, dan lain-lain dengan mudah.

Sedangkan iPhone memiliki kustomisasi yang sangat terbatas. Pengguna iPhone hanya bisa mengubah wallpaper, ringtone, dan beberapa pengaturan dasar.

Selain itu, pengguna iPhone juga harus mengikuti aturan dan standar yang ditetapkan oleh Apple, sehingga mereka tidak bisa menginstal aplikasi atau fitur yang tidak disetujui oleh Apple.

Fitur yang Lebih Inovatif

Alasan berikutnya mengapa Android lebih baik dari iPhone adalah karena fitur yang lebih inovatif. Android selalu berusaha untuk menghadirkan fitur-fitur baru yang menarik dan berguna bagi pengguna. Beberapa contoh fitur inovatif yang dimiliki oleh Android adalah:

Sejumlah contoh fitur inovatif termasuk USB-C yang multifungsi, sistem file yang memudahkan manajemen berkas, Google Assistant yang cerdas, dan fitur keamanan canggih.

Sedangkan iPhone memiliki fitur yang cenderung stagnan dan kurang inovatif. Meskipun iPhone juga memiliki beberapa fitur yang bagus, seperti Face ID, Siri, dan AirDrop, namun fitur-fitur tersebut sudah ada sejak lama dan tidak banyak mengalami perubahan atau peningkatan.

Selain itu, iPhone juga sering tertinggal dalam mengadopsi fitur-fitur baru yang sudah ada di Android, seperti NFC, widget, dan notifikasi.

Kesimpulan

Dari beberapa alasan di atas, kita bisa melihat bahwa Android lebih baik dari iPhone dalam beberapa hal.

Tentu saja, ini bukan berarti bahwa iPhone tidak memiliki kelebihan sama sekali, namun kita harus mengakui bahwa Android memiliki lebih banyak keunggulan yang bisa membuat pengguna lebih puas dan nyaman.

Namun, pada akhirnya, pilihan smartphone tergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing pengguna.

Tidak ada smartphone yang sempurna, dan setiap smartphone pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam memilih smartphone yang sesuai dengan kita.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article