Memadukan Bentuk Wajah dan Kacamata: Tips Memilih Kacamata yang Tepat

Shofiyatul Millah By Shofiyatul Millah
8 Min Read
Memadukan Bentuk Wajah dan Kacamata: Tips Memilih Kacamata yang Tepat
Memadukan Bentuk Wajah dan Kacamata: Tips Memilih Kacamata yang Tepat

jfid – Kacamata bukan hanya alat bantu penglihatan, tetapi juga aksesori yang dapat menambah gaya dan kepercayaan diri Anda.

Namun, tidak semua kacamata cocok untuk setiap bentuk wajah. Jika Anda salah memilih kacamata, Anda bisa jadi terlihat aneh, tua, atau bahkan jelek.

Lalu, bagaimana cara memilih kacamata yang tepat untuk bentuk wajah Anda?

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti, berdasarkan sumber-sumber terpercaya yang kami rangkum untuk Anda.

Kenali Bentuk Wajah Anda

Langkah pertama dalam memilih kacamata adalah mengenali bentuk wajah Anda.

Caranya, tarik rambut Anda ke belakang dan tatap cermin dengan posisi wajah lurus. Lihatlah kontur dan proporsi wajah dan kepala Anda secara keseluruhan.

Menurut All About Vision, ada tujuh bentuk wajah utama, yaitu:

– Oval, yaitu wajah yang seimbang dengan dahi dan rahang yang sedikit menyempit.

– Hati, yaitu wajah yang lebar di bagian atas dan menyempit di bagian bawah, seperti bentuk hati.

– Lonjong, yaitu wajah yang panjang dan sempit dengan garis pipi lurus.

– Kotak, yaitu wajah yang memiliki dahi dan rahang yang lebar dan sudut-sudut yang tegas.

– Berlian, yaitu wajah yang menyempit di dahi dan rahang, dan memiliki tulang pipi yang lebar dan tinggi.

– Bulat, yaitu wajah yang memiliki garis lengkung dengan lebar dan panjang yang sama dan tidak ada sudut tajam.

– Segitiga, yaitu wajah yang memiliki dahi yang sempit dan area pipi dan dagu yang melebar.

Pilih Bingkai Kacamata yang Sesuai

Setelah mengetahui bentuk wajah Anda, Anda bisa memilih bingkai kacamata yang sesuai dengan bentuk tersebut.

Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan proporsi wajah, menonjolkan fitur-fitur yang menarik, dan menyamarkan kekurangan-kekurangan yang ada.

Berikut adalah beberapa rekomendasi bingkai kacamata untuk setiap bentuk wajah, seperti yang dikutip Hindayani

Oval

 Anda bisa memilih bingkai yang bergaya bulat atau aviator, yang memiliki lebar yang sama atau lebih besar dari bagian terlebar wajah Anda.

Bingkai ini akan menonjolkan keseimbangan wajah Anda dan membuat Anda terlihat elegan. Anda juga bisa memilih bingkai yang tebal atau tipis, tergantung selera Anda.

Hati

 Anda bisa memilih bingkai yang lebih lebar di bagian bawah, seperti persegi panjang atau cat eye, yang bisa mengurangi lebar bagian atas wajah Anda dan menyeimbangkan dagu yang sempit.

Bingkai yang tipis, berwarna terang, atau tanpa rim juga bisa menjadi pilihan yang baik, karena memberikan kesan ringan dan tidak berlebihan.

Lonjong

Anda bisa memilih bingkai yang lebih tebal tapi tidak lebar, yang bisa membuat wajah Anda terlihat lebih pendek dan seimbang.

Bingkai dengan tangkai yang didekorasi atau yang kontras juga bisa menambah kesan lebar pada wajah Anda. Hindari bingkai yang terlalu besar atau terlalu kecil, karena bisa membuat wajah Anda terlihat lebih panjang.

Kotak

Anda bisa memilih bingkai yang sempit, dengan lebar lebih besar dari kedalaman, dan oval sempit, yang bisa membuat wajah Anda terlihat lebih panjang dan memperhalus sudut-sudutnya.

Bingkai yang bersudut bulat atau melengkung juga bisa menjadi pilihan yang baik, karena memberikan kesan lembut dan feminin.

Hindari bingkai yang terlalu tebal atau terlalu kotak, karena bisa membuat wajah Anda terlihat lebih keras.

Berlian

Anda bisa memilih bingkai yang memiliki garis alis yang detail atau khas, seperti cat eye atau wayfarer, yang bisa menonjolkan mata dan menghaluskan tulang pipi Anda.

Bingkai tanpa rim atau berbentuk oval atau mata kucing juga bisa menjadi pilihan yang baik, karena memberikan kesan elegan dan anggun.

Hindari bingkai yang terlalu lebar atau terlalu sempit, karena bisa membuat wajah Anda terlihat tidak seimbang.

Bulat

 Anda bisa memilih bingkai kacamata bersudut sempit, seperti persegi atau segitiga, yang bisa memanjangkan wajah Anda dan memberikan kesan tegas dan dinamis.

Bingkai dengan jembatan yang jelas dan bingkai kotak yang lebih lebar namun tidak begitu tebal juga bisa menjadi pilihan yang baik, karena memberikan kesan tipis dan panjang pada wajah Anda.

Hindari bingkai yang bulat atau terlalu besar, karena bisa membuat wajah Anda terlihat lebih bulat dan pendek.

Segitiga

Anda bisa memilih bingkai yang penuh gaya dengan warna dan detail pada paruh atas (alis) bingkai, seperti cat eye atau wayfarer, yang bisa menambah lebar dan menonjolkan sepertiga bagian atas wajah yang sempit.

Bingkai tanpa rim atau berwarna terang di bagian bawah juga bisa menjadi pilihan yang baik, karena memberikan kesan ringan dan seimbang pada wajah Anda.

Hindari bingkai yang lebar atau berat di bagian bawah, karena bisa membuat wajah Anda terlihat lebih melebar.

Memilih Warna Bingkai Kacamata yang Tepat

Setelah mengetahui bentuk wajah dan warna kulit, mata, dan rambut Anda, langkah selanjutnya adalah memilih warna bingkai kacamata yang tepat.

Warna bingkai yang tepat tidak hanya akan melengkapi penampilan Anda, tetapi juga akan menonjolkan warna mata dan rambut Anda, dan membuat Anda terlihat lebih segar dan cerah.

Menurut [All About Vision], ada dua kategori warna, yaitu “hangat” dan “dingin”. Warna kulit, mata, dan rambut Anda bisa masuk ke dalam salah satu dari dua kategori ini.

Warna Hangat

Jika Anda memiliki warna kulit yang cenderung kuning, emas, atau persik, dan warna mata dan rambut yang cenderung cokelat, emas, merah, atau hitam, maka Anda termasuk ke dalam kategori ini.

Warna bingkai kacamata yang cocok untuk Anda adalah camel, khaki, emas, tembaga, persik, oranye, koral, putih pudar, merah fire-engine, tortoise biru hangat dan pirang.

Warna Dingin

 Jika Anda memiliki warna kulit yang cenderung biru atau merah muda, dan warna mata dan rambut yang cenderung biru, abu-abu, atau hitam, maka Anda termasuk ke dalam kategori ini.

Warna bingkai kacamata yang cocok untuk Anda adalah tortoise hitam, perak, merah muda kecokelatan, biru-abu-abu, plum, magenta, merah muda, giok, biru, dan lavender.

Coba dan Lihat Hasilnya

Setelah memilih bingkai kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah dan warna Anda, langkah terakhir adalah mencoba dan melihat hasilnya.

Anda bisa mencoba beberapa pasang kacamata di toko, atau mencoba secara virtual menggunakan aplikasi atau situs web yang menyediakan fitur ini.

Lihatlah hasilnya di cermin. Apakah kacamata tersebut membuat Anda terlihat lebih baik?

Apakah kacamata tersebut nyaman digunakan? Jika jawabannya ya, maka Anda telah menemukan kacamata yang tepat untuk Anda.

Kesimpulan

Memilih kacamata bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan mengetahui bentuk wajah dan warna Anda, dan memilih bingkai yang sesuai.

Anda juga bisa menemukan kacamata yang tidak hanya membantu Anda melihat lebih jelas, tetapi juga membuat Anda terlihat lebih baik dan percaya diri.

Share This Article