7 Aroma Pengharum Kamar Tidur yang Bikin Betah Bobok

Fahrur Rozi By Fahrur Rozi
7 Min Read

jfid – Kamar tidur adalah tempat yang paling penting bagi kita untuk beristirahat dan melepas penat setelah beraktivitas seharian.

Karena itu, kamar tidur haruslah nyaman dan bersih agar kita bisa tidur dengan nyenyak dan berkualitas.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan kamar tidur adalah aroma.

Aroma yang harum dan menenangkan bisa membuat kita lebih rileks dan mudah terlelap.

Sebaliknya, aroma yang tidak sedap atau terlalu menyengat bisa mengganggu tidur kita.

Namun, tidak semua aroma pengharum ruangan cocok untuk kamar tidur.

Ada beberapa aroma yang bisa membantu kita tidur lebih baik, dan ada juga yang malah bisa membuat kita sulit tidur. Lalu, aroma apa saja yang cocok untuk kamar tidur.

Rekomendasikan tujuh aroma pengharum ruangan yang cocok untuk kamar tidur. Berikut adalah ulasannya:

  • Bunga melati. Aroma bunga melati terkesan manis namun lembut dan bisa sangat membantu tidur kita. Aroma yang menenangkan dari bunga melati bisa membuat badan kita lebih rileks dan mengurangi stres. Bunga melati juga bisa meningkatkan mood dan kesehatan mental kita.
  • Kopi. Aroma kopi yang khas bisa memberikan suasana baru untuk kamar tidur kita. Apalagi kalau sumber aromanya langsung dari bubuk atau biji kopi, maka bau tidak sedap di kamar tidur kita bisa hilang juga lho. Aroma kopi juga bisa merangsang otak kita untuk lebih fokus dan berpikir positif.
  • Mawar. Aroma mawar adalah salah satu yang paling sering digunakan banyak orang. Apalagi aromanya yang lembut dan harum, bisa membuat suasana kamar tidur kita terkesan lebih romantis dan nyaman. Cocok banget untuk kita yang tidur bersama pasangan. Aroma mawar juga bisa mengurangi depresi dan kecemasan.
  • Lemon. Aroma lemon cocok untuk kita yang ingin bangun tidur dengan segar di pagi hari. Aroma lemon bisa membuat energi untuk beraktivitas seharian, terkumpul lebih cepat. Aroma lemon juga bisa membersihkan udara di kamar tidur kita dari bakteri dan virus. Selain itu, aroma lemon juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit kita.
  • Pepermin. Aroma pepermin bisa menghadirkan kesegaran di ruang tidur kita. Aroma pepermin bisa membantu kita bernapas lebih lega, terutama jika kita sedang pilek atau alergi. Aroma pepermin juga bisa meredakan sakit kepala dan mual. Jangan khawatir, aroma pepermin tidak akan membuat kita terjaga karena kesegarannya, justru pikiran kita bisa lebih jernih dan bisa lebih fokus untuk beristirahat dengan nyaman.
  • Lavender. Aroma lavender adalah salah satu yang paling populer dan banyak digunakan untuk kamar tidur. Aromanya yang sangat khas, harum, dan membantu mengurangi rasa cemas. Tubuh bisa menjadi lebih rileks dan membuat tidur menjadi lebih mudah. Aroma lavender juga bisa mengatasi insomnia, depresi, dan nyeri otot.
  • Vanilla. Aroma vanilla juga mudah kita temukan dan banyak disukai orang. Aroma vanilla juga bisa menenangkan, mengurangi stres, dan membawa energi positif untuk tubuh. Aroma vanilla juga bisa meningkatkan libido dan kesehatan seksual kita. Selain itu, aroma vanilla juga bisa mengurangi nafsu makan dan membantu kita menjaga berat badan.

Setelah kita tahu aroma apa saja yang bisa membantu kita tidur lebih nyenyak, kita juga perlu tahu jenis pengharum ruangan yang cocok untuk kamar tidur. Disini ada beberapa pilihan, yaitu:

  • Diffusers. Diffusers yang biasa diisi dengan essential oil cocok untuk membuat kamar tidur kita harum semalaman. Ruangan kamar tidur kita akan dipenuhi oleh harum yang menenangkan dan membantu kita untuk terlelap. Diffusers juga bisa mengatur kelembaban udara di kamar tidur kita agar tidak terlalu kering atau lembab.
  • Essential oil. Kalau kita hanya ingin aroma yang lebih simpel dan tidak memenuhi seluruh ruangan, kita bisa mengoleskan essential oil ke beberapa bagian tubuh kita, seperti pergelangan tangan dan leher. Sekalipun ini tidak membuat ruangan kita menjadi harum, tapi ini sudah cukup untuk membantu kita tertidur.
  • Spray pengharum ruangan. Untuk kita yang tidak mau ribet dan ingin mengharumkan ruangan secara cepat dan praktis, maka spray pengharum ruangan bisa jadi solusinya. Spray ini juga lebih mudah ditemukan di toko-toko tempat kita belanja sehari-hari. Kita tinggal menyemprotkan ke area kamar tidur yang kita inginkan. Kekurangannya adalah, aromanya mungkin tidak akan bertahan terlalu lama. Tapi, cukup untuk membantu kita tertidur.
  • Tanaman atau bunga. Untuk kita yang ingin lebih natural, mungkin aroma dari tanamannya langsung bisa menjadi pilihan. Selain aromanya, tanaman atau bunga yang kita simpan di kamar tidur juga bisa menjadi hiasan yang menarik dan mempercantik ruangan kita. Namun kita harus meluangkan waktu untuk perawatan tanamannya agar bisa bertahan lama.
  • Lilin aromaterapi. Lilin yang wanginya bisa meningkatkan mood dan membuat rileks ini tentu saja bisa membuat kita lebih nyaman tertidur. Lilin juga cocok digunakan ketika udara sedang dingin, sedikit kehangatan dari lilin bisa membantu suasana kamar tidur menjadi lebih nyaman. Namun, yang harus diperhatikan dari lilin aromaterapi adalah waktu dan cara menyalakannya. Berhati-hati menempatkan lilin, simpan di tempat yang mudah terlihat. Jangan nyalakan lilin yang sudah mau habis atau ukurannya kecil. Sebaiknya nyalakan lilin 30 menit sebelum kita tidur, jadi kita bisa mematikannya saat kita sudah siap untuk terlelap.

Bagaimana, sudah tahu jenis pengharum ruangan dan aroma apa yang mau kita gunakan untuk kamar tidur kita?

Selain pengharum ruangan, kasur berkualitas juga bisa membantu kita tidur lebih nyenyak lho, selamat mencoba!.

Share This Article