Reshuffle Kabinet: Jokowi akan Lantik Siapa pada 25 Oktober?

Rasyiqi
By Rasyiqi
2 Min Read

jfid – Presiden Joko Widodo, yang akrab disapa Jokowi, hari ini melantik pejabat baru di Istana Negara. Kabar ini dibenarkan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden AAGN Ari Dwipayana. “Besok (Rabu) memang ada pelantikan pejabat di Istana Negara,” kata Ari.

Namun, Ari tidak menyebutkan siapa pejabat yang akan dilantik dan jabatan apa yang akan mereka isi. “Nanti saya akan update lagi,” ucapnya.

Kabar soal pelantikan pejabat mencuat setelah Jokowi pada Selasa pagi menyatakan akan merombak Kabinet Indonesia Maju. Menurut Jokowi, ada kemungkinan reshuffle kabinet itu dilaksanakan pada pekan ini. Ia memastikan perombakan itu salah satunya untuk posisi menteri pertanian.

Menteri pertanian saat ini diisi Pelaksana Tugas (Plt) Arief Prasetyo Adi. Ia menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri karena terjerat kasus korupsi di Kementerian Pertanian.

Selain itu, beredar kabar mengenai pergantian Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Dudung Abdurachman. Dari informasi yang beredar, Jokowi akan melantik Wakil Kepala Staf TNI AD Letjan Agus Subiyanto sebagai pengganti Dudung.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Hamim Tohari, dalam kesempatan terpisah pada siang tadi menyatakan pergantian Kasad merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo. Ia meminta masyarakat menunggu informasi resmi tersebut. “Kita tunggu saja karena itu kewenangannya Presiden (Jokowi),” kata Hamim saat dihubungi.

Dudung Abdurachman akan memasuki masa purna bakti atau pensiun pada 19 November 2023 atau saat tepat berusia 58 tahun. Berdasarkan Pasal 53 Undang-Undang (UU) Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI), masa kedinasan prajurit TNI untuk perwira paling tinggi ialah berusia 58 tahun serta untuk bintara dan tamtama berusia 53 tahun.

Dengan semangat baru dan harapan tinggi, kita tunggu saja siapa yang akan dilantik dan bagaimana mereka akan membawa perubahan positif bagi Indonesia. Sampai jumpa di pelantikan besok!

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article