Dunia Berduka! Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter

Syafiqur Rahman
2 Min Read
Dunia Berduka! Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter
Dunia Berduka! Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter

jfid – Kabar duka menyelimuti Iran dan dunia internasional. Presiden Iran, Ebrahim Raisi, bersama Menteri Luar Negeri Iran, meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan helikopter yang tragis di Provinsi Azerbaijan Timur, Iran.

Insiden ini menggemparkan dan meninggalkan duka mendalam di hati rakyat Iran serta dunia internasional.

Kronologi Kecelakaan

Helikopter yang ditumpangi oleh Presiden Raisi dan rombongan jatuh di daerah berbukit dengan kondisi cuaca buruk dan kabut tebal. “Tim penyelamat berjuang keras mencapai lokasi kecelakaan di tengah kondisi yang sulit,” ungkap seorang pejabat setempat.

Rekaman drone menunjukkan puing-puing helikopter berserakan di lereng bukit yang curam, menggambarkan betapa dahsyatnya kecelakaan tersebut.

Reaksi Dunia

Berita ini dengan cepat menyebar, memicu gelombang reaksi dari berbagai pemimpin dunia. Mereka menyampaikan rasa keprihatinan yang mendalam dan solidaritas kepada rakyat Iran.

Pesan-pesan belasungkawa berdatangan dari berbagai negara, menunjukkan bahwa duka Iran juga dirasakan oleh komunitas internasional.

Suksesi Kepemimpinan

Menurut konstitusi Iran, dalam kasus kematian presiden, wakil presiden pertama akan mengambil alih kekuasaan, dengan persetujuan Pemimpin Tertinggi.

Melansir dalam cnn.com bahwa Wakil Presiden Pertama Mohammad Mokhber diharapkan segera mengambil peran ini, sementara Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memberikan persetujuan resmi. “Selain itu, konstitusi menetapkan tiga kepala cabang pemerintahan – wakil presiden, ketua parlemen, dan kepala yudikatif – harus mengatur pemilihan untuk memilih pemimpin baru dalam waktu 50 hari,” jelas seorang pakar hukum Iran.

Dalam Kenangan

Presiden Raisi adalah sosok yang berpengaruh dalam politik Iran, dikenal sebagai pemimpin yang berdedikasi dan tegas.

Kematian tragisnya tidak hanya meninggalkan kekosongan di puncak pemerintahan Iran, tetapi juga membawa dampak signifikan bagi dinamika politik di kawasan Timur Tengah.

Duka mendalam menyelimuti rakyat Iran atas kehilangan besar ini. Kami menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada seluruh rakyat Iran. Semoga mereka diberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi masa-masa sulit ini.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article