Meskipun KTM memiliki alasan bisnis yang kuat untuk memindahkan sebagian besar produksi dan penelitian mereka ke Cina dan India, langkah ini juga memiliki dampak yang signifikan bagi para pekerja, konsumen, dan penggemar KTM di Eropa.
Salah satu dampak yang paling terasa adalah PHK hingga 300 orang di Austria, terutama di kantor pusat di Mattighofen, yang merupakan tempat kelahiran dan markas besar KTM.
Selain itu, banyak yang khawatir bahwa kualitas produk KTM akan menurun akibat perpindahan ini. Meskipun KTM menjamin bahwa mereka akan tetap mematuhi standar kualitas yang tinggi, dan bahwa mereka akan tetap menggunakan komponen-komponen berkualitas dari Eropa, banyak yang meragukan bahwa pabrik-pabrik di Cina dan India dapat mempertahankan kualitas yang sama dengan pabrik-pabrik di Austria.
Beberapa juga mengkhawatirkan bahwa KTM akan kehilangan ciri khas dan karakteristik mereka sebagai merek Eropa, dan akan menjadi lebih mirip dengan merek-merek Asia yang lebih murah dan massal.
Di sisi lain, ada juga yang berpendapat bahwa perpindahan ini akan memberikan manfaat bagi konsumen, terutama di Asia. Dengan biaya produksi yang lebih rendah, KTM dapat menawarkan harga yang lebih terjangkau bagi konsumen di Asia, yang mungkin tidak mampu membeli produk KTM yang dibuat di Eropa.
Selain itu, dengan penelitian yang lebih dekat dengan pasar lokal, KTM dapat mengembangkan produk-produk baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen di Asia, yang mungkin berbeda dengan konsumen di Eropa.
Kesimpulan