Rencana Pendirian RS di Wilayah Bagian Timur Bangkalan Tahap Pembebasan Lahan

Rasyiqi
By Rasyiqi
2 Min Read

JfID- Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur bakal mendirikan Rumah Sakit (RS) Tipe D di kawasan Kecamatan Blega.

Rencananya RS itu akan berdiri diantara perbatasan Kecamatan Galis dan Blega. Kini tahapannya memasuki fase pembebasan lahan (tanah).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo mengatakan telah memiliki 4 lokus (lokasi) sebagai pandangan tempat RS berdiri.

“Ada empat lokus, yang jelas lokasinya berada di baratnya pasar blega, perbatasan Galis- Blega, bukan timur pasar blega,” ujar Sudiyo. Rabu, 14 Oktober 2020.

Sudiyo menyampaikan lahan yang dibutuhkan untuk pendirian RS Pratama (Tipe D) itu sekitar 700- 1000 miter per segi.
Tim FS kata Sudiyo kini dalam proses penilaian lokasi yang strategis untuk pendirian RS.

“Setelah itu baru turun ke lokasi untuk pembebasan lahan,” terang dia.

Dalam pembebasan lahan ini, lanjut dia, pemerintah telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 1,9 miliar. Dana tersebut melekat pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD Bangkalan Tahun 2020.

“Jadi dalam PAK yang paling urgen di Dinkes pembebasan lahan pendirian rumah sakit pratama ini,” terang dia.

Meski telah tersedia dana pembebasan lahan, mantan Kapus Blega itu mengatakan belum tersedia anggaran untuk pembangunan fisik RS.

“Sekarang yang ada hanya pembebasan lahan, kalau pembangunan belum, tapi kita sudah ajukan Rp 25 M melalui BK Provinsi. Kita tidak bisa mereka dimasa covid ini, kita lihat postur anggaran tahun depan, banyak cara kok,” tutupnya.

Penulis: Syahril

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article