Pangdam IX/Udayana Apresiasi Kuatnya Toleransi Masyarakat NTB

Lalu Nursaid
4 Min Read

jfID – Mengawali tugasnya sebagai Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana yang wilayahnya meliputi Bali, NTB dan NTT, Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara menyampaikan permohonan doa dari segenap masyarakat NTB untuk memimpin Komando Daerah Militer (Kodam) tersebut.

“Mohon doa dan restu, semoga saya bisa mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya. Karena, tiada daya dan upaya kita tanpa ada ridho dari-Nya.”

Selanjutnya, perwira tinggi lulusan Akmil 1986 ini mengapresiasi pemerintah provinsi NTB yang telah menjaga silaturrahim dan mempu merawat toleransi ummat beragama dengan sangat baik. Mantan Aspers Kasdam VII/Wirabuana ini bertekad tetap berupaya menjaga keutuhan yang sudah lama dibangun tersebut.

“NTB ini luar biasa, silaturrahimnya selalu terjaga, toleransinya pun sangat kuat,” ujar Pangdam saat acara ramah tamah bersama Forkopimda Provinsi NTB, Kab. Lombok Barat, Kab, Lombok Utara serta tokoh masyarakat di Hotel Kalla Senggigi, Senin, 20 Juli 2020.

Pria kelahiran Blitar, Jawa Timur ini melanjutkan, NTB ini luar biasa, beberapa tahun lalu diguncang gempa, sekarang pun kita semua terkena dampak pandemi covid-19. Tapi, NTB mampu bangkit kembali. Itu semua, berkat kerjasama yang baik antara pemerintah provinsi NTB/Kabupaten kota hingga jajaran TNI, Polri dan masyarakat NTB sendiri.

“Kita optimis NTB bisa bangkit kembali,” tambahnya.

Sebagai Pangdam, lanjutnya, ini merupakan kali pertama menginjakkan kaki di NTB. Sebelumnya, ia sering ke NTB menikmati keindahan alam yaang sangat indah di NTB . Pangdam juga mengaku sangat bangga ketika dianugerahi gelar kehormatan Sasak oleh Majelis Adat Sasak.

“Ketika didaulat menjadi Patih oleh Masyarakat Adat Sasak, itu menjadi kenangan pribadi saya, untuk tetap menjaga keutuhan NKRI dan melindungi tumpah darah Indonesia,” ujarnya.

Sebagai Pangdam yang punya hobi berkeliling menikmati keindahan alam, tambahnya, NTB adalah salah satu tempat yang paling indah yang pernah dikunjunginya. “Tugas kita semua, menjaga ciptaan Allah SWT ini,”serunya.

“Allah SWT menciptakan NTB ini luar biasa, saya pun suka berkeliling tempat yang indah, itu semua saya lakukan sebagai bentuk rasa syukur kita atas ciptaan Allah SWT,” tutupnya.

Sebelumnya, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah yang sejak pagi menjemput kedatangan Pangdam di Bandara hingga mengikuti ramah tamah malam ini mengucapkan terimakasih kepada Pangdam IX Udayana. Menurut Gubernur, kedatangan Pangdam ke NTB menjadi angin segar sendiri buat masyarakat NTB.

“Kami yakin, kedatangan Abang kita Pangdam IX Udayana Mayor Jendral TNI Kurnia Dewantara akan banyak memberikan kesan yang baik untuk masyarakat NTB,” ujar Gubernur yang akrab disapa bang Zul ini.

Kami optimis, lanjut Bang Zul, kedatangan Pangdam Mayor Jendral TNI Kurnia Dewantara ke daerah yang kita cintai ini menjadi semangat baru untuk kita semua. Ia yakin, meski pandemi Covid-19, NTB bisa bangkit kembali.

“Pangdam ini sosok yang sangat luar biasa, saya sejak lama bersahabat dengan beliau, kita beruntung beliau diamanahkan menjadi Pangdam IX Udayana,” tutup Gubernur dan menyerahkan cinderamata untuk Pangdam IX Udayana.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kapolda NTB, Danrem, Bupati Lombok Barat, Sekda Lombok utara, FKUB, serta tokoh masyarakat Lombok barat dan Lombok Utara.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article