Menstruasi dan Pijat: Bolehkah? Ini Manfaat dan Risikonya!

ZAJ
By ZAJ
2 Min Read

jfid – Ada satu pertanyaan yang sering muncul di benak para wanita saat mereka sedang menstruasi: “Bolehkah saya mendapatkan pijat?”.

Pertanyaan ini muncul karena banyak wanita merasa pegal dan tidak nyaman selama menstruasi. Nah, mari kita jelajahi topik ini lebih dalam.

Bolehkah Pijat Saat Menstruasi?

Jawabannya adalah, ya, boleh. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Saat menstruasi, tubuh wanita menjadi lebih sensitif. Oleh karena itu, ada beberapa bagian tubuh yang sebaiknya dihindari saat pijat, seperti area perut.

Mengapa demikian? Karena organ dalam perut hanya dilindungi oleh otot perut, sehingga pijatan sekalipun berpotensi untuk mencederai organ perut tersebut.

Manfaat Pijat Saat Menstruasi

Meski ada beberapa bagian yang harus dihindarkan saat melakukan pijat ketika datang bulan, bukan berarti pijatan saat datang bulan menjadi tak boleh dilakukan. Berikut manfaat pijat saat sedang menstruasi:

  1. Melancarkan Menstruasi: Pijat saat sedang menstruasi dipercaya bisa melancarkan menstruasi. Tubuh dan pikiran yang rileks pastinya berdampak pada kesehatan fisik Moms termasuk melancarkan menstruasi.
  2. Meredakan Pegal dan Merelaksasi Badan: Pijat boleh saja dilakukan saat haid untuk meredakan pegal dan merelaksasi badan.

Namun, saat haid Moms dirasa tak normal, hal pertama yang Moms lakukan tentunya adalah berkonsultasi dengan dokter. Jika sudah berkunjung ke dokter dan mengetahui penyebabnya, barulah Moms bisa mencoba melakukan pijit.

Jadi, pijat saat menstruasi? Boleh saja, asalkan dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Jadi, jangan ragu untuk memanjakan diri Anda dengan pijat selama menstruasi, asalkan Anda melakukannya dengan cara yang benar dan aman.

Ingat, kesehatan Anda adalah prioritas utama. Jadi, selalu dengarkan tubuh Anda dan lakukan apa yang terbaik untuknya. Selamat mencoba!

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article