Mau Awet Muda, Kenapa Harus Mahal, kan Ada yang Murah

ZAJ
By ZAJ
3 Min Read
5 Pilihan Tunik Terbaru yang Wajib Anda Coba, Dijamin Tampil Modis dengan Bawahan Favorit Anda
5 Pilihan Tunik Terbaru yang Wajib Anda Coba, Dijamin Tampil Modis dengan Bawahan Favorit Anda

jfid – Jakarta, Indonesia – Menjaga kesehatan mental merupakan aspek penting dalam menjalani hidup yang sehat dan produktif.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), seseorang bisa disebut sehat secara mental, apabila ia mampu menyadari kemampuannya, menangani stres dalam kehidupan sehari-harinya, bekerja dengan produktif, serta berkontribusi untuk lingkungan sekitarnya.

Berikut ini adalah beberapa cara terampuh untuk menjaga kesehatan mental agar tetap awet muda berdasarkan penelitian dan pengamatan terkini:

  1. Hargai Diri Sendiri Mulailah dengan menghargai dirimu sendiri. Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia, misalnya dengan meluangkan waktu untuk hobi dan me time. Bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi dalam hidupmu juga bisa membantumu untuk menghargai diri sendiri.
  2. Kelola Stres dengan Baik Stres adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari, sehingga hal ini hampir tidak mungkin untuk dihindari. Kamu bisa belajar untuk mengelola stres dengan baik, misalnya dengan berjalan santai di luar ruangan, menonton film, mendengarkan lagu, dan menulis kejadian sehari-hari di buku harian.
  3. Akui Perasaan dan Emosi Negatif Merasakan berbagai emosi negatif, seperti sedih, kecewa, dan marah, adalah hal yang normal. Kamu perlu untuk mengenali dan mengakui perasaan tersebut. Jika kamu sudah mampu mengenal dan mengakui emosi negatif yang sedang kamu alami, kamu perlu meredakannya dengan cara yang positif, misalnya dengan bermeditasi.
  4. Tetapkan Tujuan yang Realistis Menetapkan tujuan dan target dapat membuat hidupmu lebih terarah. Hal ini pada akhirnya juga dapat membantu menjaga kesehatan mental.
  5. Sayangi Tubuh Sendiri Kesehatan mental juga sangat bergantung pada caramu merawat dan menyayangi diri sendiri. Pastikan kamu cukup tidur dan mengonsumsi beragam makanan bergizi seimbang, seperti nasi, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan daging tanpa lemak.
  6. Olahraga Olahraga teratur dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membantu Anda berkonsentrasi. Selain itu, olahraga juga menjaga berbagai organ vital di tubuh tetap sehat.
  7. Memenuhi Asupan Nutrisi Tubuh Terdapat hubungan yang kuat antara apa yang Anda makan dan bagaimana perasaan yang dialami. Kafein dan gula adalah contoh asupan yang memiliki efek langsung.
  8. Pelajari Cara Mengatasi Stres Suka atau tidak, stres adalah bagian dari kehidupan. Oleh karena itu, Anda harus mencoba berbagai strategi mengatasi stres.
  9. Membaca, Mengikuti Kursus, Mencoba Senam Mental Cobalah lakukan eksperimen dengan hal-hal yang memerlukan ketangkasan manual dan upaya mental, seperti menggambar, melukis, dan kerajinan lainnya.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, kita dapat menjaga kesehatan mental kita agar tetap awet muda. Selalu ingat bahwa kesehatan mental adalah bagian penting dari kesehatan keseluruhan kita.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article