Ide Sarapan Sehat dan Bergizi untuk Mengawali Hari Saat Menstruasi

ZAJ
By ZAJ
3 Min Read
Old Asian woman exercise outdoor, Asian woman happy retirement

jfid – Halo pembaca yang budiman, pernahkah Anda merasa lelah dan tidak berenergi saat menstruasi? Jika ya, mungkin Anda perlu mempertimbangkan kembali apa yang Anda makan.

Menurut Hello Sehat, menstruasi dapat mengakibatkan berbagai jenis perubahan pada tubuh wanita setiap bulannya. Salah satunya berdampak pada kondisi tubuh, seperti badan sakit saat haid, serta keinginan makan makanan tertentu.

Namun, jangan khawatir! Kami telah merangkum beberapa ide sarapan sehat dan bergizi yang dapat Anda coba untuk mengawali hari Anda saat menstruasi. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Makanan yang Mengandung Zat Besi

Menurut Hello Sehat, darah yang keluar saat menstruasi ternyata bisa meningkatkan risiko anemia. Kondisi ini bisa menyebabkan kelelahan, nyeri di tubuh, dan pusing.

Untuk mengatasi risiko terkena anemia saat haid, ada baiknya makanan yang dipenuhi dengan kandungan zat besi di dalamnya.

Misalnya, Anda bisa mengonsumsi daging, susu, ikan, ayam, sayuran hijau, atau bahkan sereal gandum untuk mencegah anemia datang di saat haid tiba.

2. Makanan yang Mengandung Omega 3

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity, omega 3 yang terkandung di dalam ikan diketahui juga bisa membantu meredakan depresi.

Oleh karena itu, makan ikan juga baik untuk mengatasi perubahaan suasana hati (mood swing) dan depresi saat haid. Selain ikan, kacang-kacangan juga diketahui kaya akan omega 3 dan asam lemak lainnya.

3. Makanan yang Mengandung Magnesium

Menurut penelitian lainnya dalam jurnal Health Promotion Perspectives, wanita yang mengalami kekurangan magnesium cenderung lebih rentan mengalami gejala PMS yang bertambah parah. Salah satu makanan yang bisa meningkatkan magnesium yaitu cokelat murni atau dark chocolate.

4. Makanan yang Mengandung Antioksidan

Antioksidan sangat penting bagi tubuh untuk bisa melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh, seperti diabetes dan kanker.

5. Makanan Tinggi Kalsium dan Vitamin D

Menurut studi, wanita yang mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D lebih tidak berisiko mengalami sindrom pramenstruasi.

Demikianlah beberapa ide sarapan sehat dan bergizi yang dapat Anda coba untuk mengawali hari Anda saat menstruasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article