Gorengan Bisa Jadi Takjil Sehat, Asal Anda Ikuti Tips Ini, Pengen Sehat Kan? Makanya Yuk Simak

Lukman Sanjaya By Lukman Sanjaya
3 Min Read
Gorengan Bisa Jadi Takjil Sehat, Asal Anda Ikuti Tips Ini, Pengen Sehat Kan? Makanya Yuk Simak
Gorengan Bisa Jadi Takjil Sehat, Asal Anda Ikuti Tips Ini, Pengen Sehat Kan? Makanya Yuk Simak

jfid – Gorengan merupakan salah satu menu favorit untuk berbuka puasa bagi sebagian besar orang. Rasanya yang gurih dan renyah membuat gorengan sulit ditolak. Selain itu, gorengan juga mudah ditemukan dan harganya terjangkau.

Namun, tahukah Anda bahwa gorengan bisa berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan? Gorengan mengandung lemak dan kalori yang tinggi, yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, kolesterol, diabetes, hingga penyakit jantung.

Lantas, bagaimana cara mengonsumsi gorengan agar tetap sehat? Pakar kesehatan dokter Fanny R Imannuddin memberikan beberapa tips yang bisa

Anda terapkan saat membuat atau membeli gorengan, khususnya untuk takjil berbuka puasa selama Ramadan. Berikut tipsnya:

Pilih tepung yang sehat

Jika Anda ingin membuat gorengan sendiri, sebaiknya gunakan tepung yang sehat, seperti tepung singkong, tepung jagung, atau tepung almond.

Hindari menggunakan tepung terigu atau tepung beras, karena kandungan glutennya tinggi dan bisa mengganggu penyerapan nutrisi di saluran pencernaan.

Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu jenis lemak jenuh yang masih dinilai sehat, karena tidak mudah berubah menjadi lemak trans saat dipanaskan.

Minyak kelapa juga memiliki manfaat lain, seperti meningkatkan metabolisme, menurunkan inflamasi, dan melawan bakteri.

Hindari penggunaan minyak jelantah

Minyak jelantah adalah minyak yang sudah digunakan berkali-kali untuk menggoreng. Minyak ini berwarna gelap dan mengandung lemak trans yang sangat tinggi.

Lemak trans bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Jadi, sebaiknya ganti minyak setiap kali menggoreng dan jangan menggunakan minyak yang sudah berubah warna atau bau.

Batasi porsi gorengan

Meski gorengan terasa nikmat, jangan tergoda untuk makan terlalu banyak. Batasi porsi gorengan Anda dengan mengonsumsi makanan lain yang lebih sehat, seperti buah, sayur, atau kurma.

Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

Selain tips di atas, Anda juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan Anda sebelum mengonsumsi gorengan. Jika Anda memiliki penyakit lambung, sebaiknya hindari gorengan yang terlalu asam, pedas, atau berminyak.

Jika Anda memiliki penyakit gula, sebaiknya hindari gorengan yang manis, seperti pisang goreng atau bakwan manis.

Dengan mengikuti tips sehat mengonsumsi gorengan di atas, Anda bisa tetap menikmati gorengan tanpa khawatir dengan dampak buruknya bagi kesehatan. Selamat berbuka puasa!

Share This Article