Selamat Datang di Jurnal Faktual.id

Perkembangan media online yang sangat pesat, menjadi bagian penting akses informasi bagi masyarakat luas. Jurnal Faktual.id, hadir bukan dalam mengambil posisi alternatif di menit akhir ledakan media online.

Jurnal Faktual.id adalah bentuk ekspansi dari media cetak berbentuk majalah & tabloit menjadi media online. Tercatat dalam sejarah panjang, kala itu bernama “Majalah Faktual” berdiri pada 2004 (Dalam Status Terferivikasi Dewan Pers). Didirikan oleh seorang Jurnalis senior (Almarhum Madraei Hariady).

Sebelas tahun kemudian, tepat di tahun 2015 berdiri Jurnal Faktual.com. Dan dinamika media Jurnal Faktual terus berkembang. Setelah 4 tahun kemudian. Pada 18 Juni 2019, H. Misniyati Hariningsi, selaku Pimpinan Perusahaan bersama Deni Puja Pranata sebagai Pimpinan Redaksi Majalah Faktual dan Jurnal Faktual.com, mengambil keputusan dengan melakukan reprofilling. Jurnal Faktual.com diputuskan berubah menjadi Jurnal Faktual.id.

Perubahan Jurnal Faktual.com menjadi Jurnal Faktual.id didasari bukan sekedar pilihan domain semata. Namun pilihan identitas ke-Indonesian menjadi salah satu rujukan utama redaksi.

Kami hadir di tengah-tengah berhamburannya berita dan kami tidak memposisikan diri sebagai media berita secara murni. Jurnal Faktual adalah media berita dan opini. Ya, kami tidak sepenuh memberitakan, tapi kami menulis opini, berdasarkan sudut pandang kami, atau penulis kami.

Anda bisa menerimanya sebagai sepenuhnya opini dalam pemahaman anda, sebab tak ada yang benar-benar berita tanpa distorsi dalam news room. Selalu dan seperti biasanya, ada framing, click bait, dramatisir, reduksi, interpretasi dan sebagainya dan pada saat yang sama, kami tidak siap untuk menyampaikan fakta secara original tanpa hal-hal yang kami sebutkan sebelumnya yang mengarahkan alam bawah sadar anda pada asumsi tertentu.

Itulah sebabnya, Jurnal Faktual adalah media news opini. Kami memiliki informasi, dan kami sampaikan melalui sudut pandang. Kami tidak pernah tidak berpihak, secara jujur, kami punya kecenderungan sendiri. Kami akui, kami punya cara sendiri untuk bercerita, dan selalu dalam berita mengandung opini kami.

Namun, Jurnal Faktual.id bukanlah rahim dari hoax, kami selalu melakukan verifikasi, dan media bebas untuk anda kritik, jika terjadi disinformasi karena kami terbuka untuk berdiskusi dengan publik. Kami tahu, bahwa di luar sana ada lebih banyak media yang bisa anda dapatkan informasinya (meski kebanyakan hanya daur ulang).

Jurnal Faktual.id hadir untuk menyajikan konten faktual dan berimbang serta tetap berpegang pada tradisi lama yang mempertaruhkan segala sesuatunya untuk menangkal berita hoax. Jurnal Faktual.id hadir dengan keberanian berekspresi dalam ragam berita opini. Selayaknya teman anda berpikir dan mengkaji sesuatu.