Poco C65 Rilis: Smartphone Sejutaan yang Mirip Redmi 13C, Apakah Layak Dibeli?

ZAJ By ZAJ
4 Min Read
Poco C65 Rilis: Smartphone Sejutaan yang Mirip Redmi 13C, Apakah Layak Dibeli?
Poco C65 Rilis: Smartphone Sejutaan yang Mirip Redmi 13C, Apakah Layak Dibeli?

jfid – Poco, salah satu sub-brand dari Xiaomi, baru saja merilis smartphone terbarunya di Indonesia, yaitu Poco C65. Smartphone ini menawarkan spesifikasi yang cukup menarik untuk kelas harga sejutaan, seperti layar 90Hz, kamera 50MP, NFC, dan baterai 5.000 mAh.

Namun, ada satu hal yang membuat Poco C65 agak kurang menonjol di antara pesaingnya, yaitu kemiripannya dengan Redmi 13C, smartphone yang juga berasal dari Xiaomi.

Poco C65 dan Redmi 13C memiliki desain, spesifikasi, fitur, dan harga yang hampir identik. Keduanya menggunakan layar IPS LCD 6,74 inci HD+, prosesor MediaTek Helio G85, RAM 6GB atau 8GB, memori 128GB atau 256GB, kamera belakang 50MP + 2MP, kamera depan 8MP, dan baterai 5.000 mAh dengan pengisian cepat 18W.

Keduanya juga menjalankan sistem operasi MIUI 14 berbasis Android 13 dan mendukung NFC untuk transaksi nirkabel.

Lantas, apa bedanya Poco C65 dan Redmi 13C? Menurut Abee Hakiim, Product PR Manager Poco Indonesia, perbedaan signifikan antara keduanya adalah cara konsumen mendapatkannya. Poco C65 hanya tersedia secara online, sedangkan Redmi 13C bisa didapatkan secara offline maupun online.

Selain itu, Poco C65 juga memiliki pilihan warna yang berbeda, yaitu hitam dan ungu, sementara Redmi 13C hadir dalam warna putih, hijau, dan hitam.

Dari segi performa, Poco C65 dan Redmi 13C tidak mengecewakan untuk kelasnya. Keduanya bisa menjalankan aplikasi dan game dengan lancar, meskipun tidak bisa diharapkan untuk bermain game berat dengan grafis tinggi.

Layar 90Hz juga memberikan pengalaman yang lebih responsif dan mulus saat menggesek dan mengetuk layar. Namun, resolusi layar yang hanya HD+ membuat tampilan kurang tajam dan jernih, terutama jika dibandingkan dengan smartphone lain yang sudah menggunakan layar Full HD+.

Kamera Poco C65 dan Redmi 13C juga cukup baik untuk mengabadikan momen sehari-hari. Kamera utama 50MP bisa menghasilkan foto yang detail, cerah, dan berwarna natural, meskipun kadang terlihat sedikit over-sharpened. Kamera makro 2MP bisa digunakan untuk mengambil foto objek dekat, meskipun kualitasnya tidak terlalu bagus.

Kamera depan 8MP bisa mengambil selfie yang cukup oke, meskipun terkadang terlihat agak buram dan kurang natural. Sayangnya, keduanya tidak memiliki kamera ultrawide yang bisa memberikan sudut pandang yang lebih luas.

Baterai Poco C65 dan Redmi 13C adalah salah satu keunggulan utama dari smartphone ini. Dengan kapasitas 5.000 mAh, keduanya bisa bertahan seharian bahkan lebih dengan penggunaan normal. Pengisian cepat 18W juga cukup membantu untuk mengisi ulang baterai dengan cepat, meskipun masih kalah dengan smartphone lain yang sudah mendukung pengisian cepat 25W atau lebih.

Namun, perlu dicatat bahwa keduanya hanya menyertakan adaptor charger 10W dalam paket penjualan, sehingga konsumen harus membeli adaptor charger 18W secara terpisah.

Secara keseluruhan, Poco C65 dan Redmi 13C adalah smartphone yang layak dipertimbangkan untuk kelas harga sejutaan. Keduanya menawarkan spesifikasi yang cukup mumpuni, fitur yang lengkap, dan baterai yang tahan lama.

Namun, keduanya juga memiliki kekurangan, seperti layar yang kurang tajam, kamera yang kurang variatif, dan adaptor charger yang kurang cepat. Selain itu, keduanya juga harus bersaing dengan smartphone lain yang memiliki nilai lebih, seperti Redmi 12, Redmi Note 12, Samsung Galaxy A14, atau Tecno Spark 10 Pro.

Oleh karena itu, konsumen harus mempertimbangkan kebutuhan dan preferensinya sebelum membeli Poco C65 atau Redmi 13C.

Share This Article