Kolaborasi Strategis Telkomsat – Starlink untuk Meningkatkan Konektivitas di Indonesia

Rasyiqi By Rasyiqi - Writer, Digital Marketer
2 Min Read
Kolaborasi Strategis Telkomsat - Starlink untuk Meningkatkan Konektivitas di Indonesia
Kolaborasi Strategis Telkomsat - Starlink untuk Meningkatkan Konektivitas di Indonesia

jfid – PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat), anak usaha dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, semakin memperkuat kerja sama strategisnya dengan Starlink, perusahaan satelit Amerika Serikat.

Kolaborasi ini ditujukan untuk layanan segmen enterprise di berbagai wilayah di Indonesia.

Penandatanganan Kerja Sama (PKS) dilakukan oleh Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf, dengan VP Starlink Commercial Sales pada Rabu, 15 Mei 2024.

Kerja sama ini memungkinkan Telkomsat untuk menggelar layanan bisnis (business services) berbasis Starlink yang kompetitif dan setara dengan penawaran paket bisnis yang ditawarkan melalui website Starlink.

“Momentum kerja sama ini semakin mengukuhkan posisi Telkomsat sebagai mitra strategis pertama dan utama Starlink di Indonesia,” kata Lukman Hakim Abd. Rauf.

Telkomsat telah menjalin kerja sama dengan Starlink sejak tahun 2021 dan telah menggelar layanan backhaul Starlink sejak tahun 2022 dengan memanfaatkan hak labuh yang telah diberikan oleh pemerintah.

“Infrastruktur backhaul yang digelar oleh Telkomsat ini mampu memberikan layanan konektivitas satelit yang berkualitas dengan tetap menjamin kedaulatan dan keamanan data nasional,” kata Lukman.

SVP Corporate dan Communication Telkom, Ahmad Reza, mengatakan kerja sama yang terjalin menunjukkan komitmen perusahaan untuk terus berupaya mendukung program pemerintah untuk percepatan pemerataan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia.

“Khususnya untuk wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar)” kata Reza.

Dengan kolaborasi ini, Telkomsat dan Starlink berharap dapat membawa manfaat yang signifikan bagi masyarakat Indonesia, khususnya dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas konektivitas di seluruh wilayah negara.

Dengan semakin kuatnya kerja sama ini, Telkomsat dan Starlink siap menjadi pemain kunci dalam industri telekomunikasi dan teknologi informasi di Indonesia.

Kolaborasi antara Telkomsat dan Starlink ini menunjukkan bagaimana teknologi satelit dapat digunakan untuk membantu mempercepat pemerataan konektivitas di Indonesia.

Dengan kerja sama ini, kedua perusahaan berharap dapat membantu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara digital yang inklusif dan berkelanjutan.

Share This Article