Fenomena Flipside Instagram Dihapus: Akun Hilang, Postingan Tak Terlacak, Apa Kata Netizen?

ZAJ
By ZAJ
5 Min Read
Fenomena Flipside Instagram Dihapus: Akun Hilang, Postingan Tak Terlacak, Apa Kata Netizen?
Fenomena Flipside Instagram Dihapus: Akun Hilang, Postingan Tak Terlacak, Apa Kata Netizen?

jfid – JakartaFlipside Instagram, fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat akun pribadi untuk berbagi konten dengan teman-teman tertentu, akan dihapus di Indonesia pada tanggal 24 Mei 2024.

Fitur ini diluncurkan di Indonesia pada Januari 2024 lalu, namun ternyata usia Flipside terbilang singkat.

Pengguna Flipside Instagram dapat memposting foto, video, dan Reels tanpa sepengetahuan orang lain, atau hanya bisa dilihat oleh kontak yang dipilih.

Hal ini membuat Flipside menjadi alternatif bagi pengguna yang ingin berbagi konten pribadi tanpa perlu membuat akun kedua.

Namun, mulai tanggal 24 Mei 2024, fitur Flipside tidak akan tersedia lagi di Indonesia. Pengguna yang mencoba membuka Flipside akan melihat notifikasi bahwa fitur tersebut telah dihapus.

Keputusan ini diambil karena Instagram ingin fokus pada pengembangan fitur Close Friends dan akun kedua.

Hal ini menunjukkan bahwa kedua fitur tersebut akan mendapat perhatian lebih besar dan kemungkinan akan diperbarui dengan fungsi baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna Instagram di masa depan.

Penghapusan Flipside menandakan bahwa Instagram ingin lebih fokus pada pengembangan fitur-fitur yang sudah ada dan terbukti bermanfaat bagi penggunanya.

Flipside sendiri dirancang untuk memfasilitasi pengguna dalam berbagi konten secara privat dengan kelompok tertentu.

Namun, banyak pengguna yang memilih untuk menggunakan akun kedua sebagai alternatif. Hal ini menyebabkan kurangnya minat terhadap fitur Flipside, sehingga Instagram memutuskan untuk menghapusnya.

Meskipun Flipside bertujuan untuk meningkatkan privasi dan eksklusivitas, preferensi pengguna lebih condong pada fitur lain seperti Close Friends dan akun kedua.

Instagram tampaknya ingin fokus pada pengembangan fitur-fitur yang lebih populer dan bermanfaat bagi penggunanya.

Tentang Fitur Flip Instagram Flipside adalah fitur Instagram yang memungkinkan pengguna membuat profil pribadi baru untuk teman-teman tertentu. Fitur ini ibarat akun kedua yang lebih mudah dibuat.

Instagram meluncurkan Flipside setelah melihat tren penggunaan dua akun di kalangan penggunanya. Biasanya, akun pertama digunakan untuk publik, sedangkan akun kedua untuk hal-hal yang lebih pribadi.

Menurut TechCrunch, Flipside hadir untuk memudahkan pengguna berbagi foto dan video dengan sekelompok teman dekat, tanpa perlu membuat akun terpisah.

Fitur ini ditemukan dalam pengembangan oleh insinyur Alessandro Paluzzi, yang awalnya menyebutnya “Your Space”.

Instagram menjelaskan bahwa Flipside adalah “ruang baru hanya untuk pengguna dan teman-temannya” di mana “hanya orang yang dipilih pengguna yang dapat melihat sisi profil pengguna dan apa yang dibagikan.”

Namun, pada Jumat (24/5/2024), fitur Flipside Instagram benar-benar sudah hilang dari Instagram.

Pantauan Tekno Liputan6.com, pagi ini, ketika membuka aplikasi Instagram, terdapat sebuah pengumuman yang menyebut kalau Flipside sudah tidak ada lagi di Instagram. Meski begitu, unggahan yang sudah dipos di profil Flipside akan disimpan di Archive atau diarsipkan.

Instagram menyebut seluruh unggahan yang ada di Arsip hanya bisa dilihat oleh pemilik akun, kecuali jika pemilik akun ingin membagikannya.

Berdasarkan pantauan, ikon kunci (lambang Flipside) yang semula ada di kanan bawah Profil Instagram pun hilang. Flipside pun resmi dihapus dari Instagram.

Sebelumnya, Instagram menyebutkan, pemilik akun bisa mengunduh unggahan Flipside mereka untuk disimpan ke perangkat.

Pengunduhan konten yang sudah dibagikan di Flipside dapat dilakukan sejak akhir April lalu hingga 25 Agustus 2024 melalui Pusat Akun.

Meski begitu, sejauh ini belum ada informasi kenapa Instagram memutuskan menghapus Flipside atau fitur second account Instagram ini.

Dengan hilangnya fitur Flipside, banyak netizen yang merasa kehilangan. Mereka merasa fitur ini sangat membantu dalam berbagi konten secara privat dengan teman-teman tertentu.

Namun, ada juga yang merasa bahwa fitur ini kurang populer dan jarang digunakan. Bagaimanapun, keputusan Instagram untuk menghapus fitur ini menunjukkan bahwa mereka lebih fokus pada pengembangan fitur-fitur yang sudah ada dan terbukti bermanfaat bagi penggunanya.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article