Cara Hemat Memori Ponsel dengan Fitur Terbaru dari WhatsApp

Noer Huda By Noer Huda - Content Creator
2 Min Read
Cara Hemat Memori Ponsel dengan Fitur Terbaru dari WhatsApp
Cara Hemat Memori Ponsel dengan Fitur Terbaru dari WhatsApp

jfid – WhatsApp telah meluncurkan fitur terbaru yang bertujuan untuk membantu pengguna dalam mengelola dan membersihkan file media yang disimpan di dalam aplikasi tersebut.

Fitur ini, yang diberi nama Storage Management, telah menjadi andalan bagi pengguna di Indonesia sejak tiga tahun yang lalu, Tepatanya Kamis, 12 November 2020.

Dengan hadirnya Storage Management, pengguna kini memiliki kemudahan dalam memantau dan menghapus file-file yang menghabiskan ruang memori ponsel secara efisien.

Fitur ini tidak hanya menunjukkan file mana yang memakan ruang paling besar, tetapi juga memberikan informasi mengenai seberapa besar ruang penyimpanan yang telah terpakai serta masih tersedia.

Untuk mengakses fitur ini, pengguna cukup membuka menu setting, lalu pilih Storage and Data, dan terakhir pilih Manage Storage.

Di sana, pengguna akan menemukan berbagai kategori file yang diurutkan berdasarkan ukuran, mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil, seperti file yang sering diteruskan, file dengan ukuran lebih dari 5 MB, dan Chat.

Pengguna diberikan kebebasan untuk memilih kategori mana yang ingin mereka tinjau, serta menghapus file-file yang sudah tidak diperlukan lagi.

Selain itu, pengguna juga dapat membuka file tersebut terlebih dahulu untuk memastikan apakah benar-benar tidak lagi dibutuhkan.

Dibandingkan dengan metode penghapusan manual, fitur Storage Management ini lebih praktis dan aman.

Hal ini dikarenakan fitur tersebut hanya menampilkan file yang berada dalam folder aplikasi WhatsApp, sehingga tidak akan mempengaruhi aplikasi lain di dalam ponsel.

WhatsApp juga menyediakan tutorial video penggunaan fitur ini yang dapat diakses melalui tautan berikut.

Share This Article