Artificial Intelligence (AI) Salah Satu Jurusan Terbaru di Binus University

2 minutes read

jfid – Binus University, salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia, baru-baru ini meluncurkan jurusan baru yaitu artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Jurusan ini merupakan salah satu program lengkap bidang computer science dengan kekhususan AI.

Tujuan dari jurusan ini adalah untuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul, inovatif, dan etis dalam bidang AI yang sedang berkembang pesat di dunia.

AI adalah sebuah ilmu pengetahuan terdepan dalam bidang teknologi informasi yang mempelajari bagaimana membuat mesin atau sistem yang dapat meniru kemampuan manusia dalam berpikir, belajar, dan beradaptasi.

AI memiliki banyak aplikasi di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, bisnis, industri, pertahanan, hiburan, dan lain-lain. AI juga dianggap sebagai salah satu teknologi yang akan membentuk masa depan manusia.

Namun, AI juga memiliki tantangan dan risiko yang perlu diwaspadai, seperti masalah etika, privasi, keamanan, kesenjangan, dan dampak sosial.

Oleh karena itu, para ahli dan praktisi AI perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif serta tanggung jawab moral dan profesional dalam mengembangkan dan menggunakan AI.

Jurusan AI di Binus University berfokus pada AI terapan sehingga menjawab kebutuhan industri saat ini. Kurikulum jurusan ini disesuaikan dengan core competencies yakni cognitive computing, computer vision, machine learning, neural network, deep learning, dan natural language processing.

Mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan ini antara lain adalah applied natural language processing, applied computer vision, MLOps, deep learning, IoT dan robotics, intelligence automation, dan AI solution.

Selain itu, mahasiswa jurusan AI Binus University nantinya akan dilibatkan langsung dalam proyek dan penelitian inovatif yang bekerja sama dengan mitra industri dan akademik.

Salah satu mitra yang telah berkolaborasi dengan Binus University adalah NVIDIA, perusahaan teknologi global yang terkenal dengan produk grafis dan komputasi paralelnya.

Binus University bersama dengan NVIDIA dan Kinetica mendirikan Artificial Intelligence Research and Development Center (AIRDC) untuk memperkuat pengetahuan tentang kecerdasan buatan di Indonesia.

Dengan demikian, jurusan AI Binus University menawarkan peluang yang menarik bagi para calon mahasiswa yang tertarik dengan bidang AI.

Jurusan ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis tetapi juga pengalaman praktis dalam mengembangkan solusi AI yang bermanfaat bagi masyarakat.

Lulusan jurusan ini diharapkan dapat menjadi pemimpin masa depan yang bisa memanfaatkan AI dengan bijak dan etis serta berkontribusi dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca selanjutnya? Klik

Copyright © 2022 Jurrnalfaktual.id. All Rights Reserved

Copyright © 2022 BeramalBaik. All Rights Reserved

Terbaru

Indeks

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.