10 Peralatan Dapur Canggih yang Bikin Masak Lebih Mudah dan Seru

Noer Huda
7 Min Read
10 Peralatan Dapur Canggih yang Bikin Masak Lebih Mudah dan Seru
10 Peralatan Dapur Canggih yang Bikin Masak Lebih Mudah dan Seru

jfid – Memasak adalah salah satu kegiatan yang bisa menjadi hobi, terapi, atau bahkan kewajiban bagi sebagian orang.

Namun, tidak semua orang merasa nyaman dan senang saat berada di dapur. Ada yang merasa kesulitan, bosan, atau bahkan stres saat harus mengolah bahan makanan menjadi hidangan lezat.

Nah, jika kamu termasuk salah satu orang yang merasa demikian, mungkin kamu perlu mencoba beberapa peralatan dapur canggih yang bisa membantu kamu untuk memasak lebih mudah dan seru.

Peralatan dapur canggih ini tidak hanya memiliki fungsi yang praktis, tetapi juga desain yang menarik dan inovatif.

Apa saja peralatan dapur canggih yang bisa membuat masak jadi lebih mudah dan seru? Berikut ini adalah 10 di antaranya:

Air Fryer

Alat ini bisa menggoreng berbagai bahan makanan dengan menggunakan sedikit minyak atau bahkan tanpa minyak sama sekali.

Air fryer menggunakan sistem sirkulasi udara panas yang bisa mencapai suhu 200°C untuk menggoreng bahan makanan secara merata.

Hasilnya, kamu bisa mendapatkan makanan yang renyah di luar dan empuk di dalam, tanpa khawatir akan lemak berlebih.

Selain itu, air fryer juga bisa digunakan untuk memanggang, merebus, atau mengukus makanan. Air fryer cocok untuk kamu yang ingin memasak dengan cepat, sehat, dan hemat energi.

Food Processor

Alat ini bisa membantu kamu untuk mencincang, mengiris, menghaluskan, atau mengaduk bahan makanan dengan cepat dan mudah.

Kamu bisa menggunakannya untuk mencincang sayuran, daging, bawang, kacang, atau menghaluskan bumbu. Kamu juga bisa mengatur tingkat kehalusan bahan makanan sesuai dengan keinginanmu.

Food processor cocok untuk kamu yang ingin mempersingkat waktu persiapan memasak dan mengurangi jumlah alat yang harus dicuci.

Sushi Maker

Alat ini bisa membantu kamu untuk membuat sushi dengan mudah dan rapi. Kamu cukup memasukkan semua bahan sushi yang kamu inginkan ke dalam cetakan sushi di sushi maker.

Kemudian, putar sushi maker, dan dorong hasil gulungan sushi ke atas piring. Setelah itu, bungkus gulungan sushi dengan nori atau rumput laut kering.

Sushi maker cocok untuk kamu yang ingin membuat sushi sendiri di rumah tanpa harus repot menggulungnya dengan tangan.

Garlic Grinder

Alat ini bisa membantu kamu untuk mengiris bawang putih dengan cepat dan tanpa meninggalkan bau di tangan.

Kamu cukup memasukkan bawang putih yang sudah dikupas ke dalam garlic grinder, lalu putar bagian atasnya. Bawang putih akan teriris menjadi potongan-potongan kecil yang siap digunakan untuk memasak.

Garlic grinder cocok untuk kamu yang sering menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan, tetapi tidak suka bau dan sensasi perih di tangan.

Egg Separator

Alat ini bisa membantu kamu untuk memisahkan kuning dan putih telur dengan mudah dan tanpa menyentuh telur. Kamu cukup memecahkan telur di atas egg separator, lalu biarkan alat ini bekerja.

Kuning telur akan tertahan di bagian tengah, sedangkan putih telur akan mengalir ke bagian bawah. Egg separator cocok untuk kamu yang ingin membuat kue, meringue, atau hidangan lain yang membutuhkan kuning atau putih telur saja.

Water Strainer

Alat ini bisa membantu kamu untuk meniriskan air dari panci atau wajan tanpa harus menuangkannya ke saringan atau colander.

Kamu cukup meletakkan water strainer di tepi panci atau wajan, lalu miringkan sedikit untuk meniriskan airnya. Water strainer cocok untuk kamu yang ingin meniriskan air dari pasta, sayuran rebus, atau makanan lain yang dimasak dengan air.

Spatula Termometer

Alat ini bisa membantu kamu untuk mengukur suhu makanan yang kamu masak dengan spatula.

Alat ini memiliki sensor suhu di ujung spatula yang bisa menampilkan angka suhu di layar digital yang terpasang di gagang spatula.

Spatula termometer cocok untuk kamu yang ingin memasak daging, cokelat, karamel, atau makanan lain yang membutuhkan suhu yang tepat.

Citrus Spray

Alat ini bisa membantu kamu untuk menyemprotkan air jeruk langsung dari buahnya tanpa harus memerasnya.

Kamu cukup menusukkan citrus spray ke dalam buah jeruk yang sudah dipotong bagian atasnya, lalu tekan bagian atasnya untuk menyemprotkan air jeruknya.

Citrus spray cocok untuk kamu yang ingin menambahkan rasa asam dan segar dari jeruk ke dalam salad, minuman, atau makanan lain.

Digital Ice Cream Maker

Alat ini bisa membantu kamu untuk membuat es krim sendiri di rumah dengan mudah dan cepat.

Kamu cukup memasukkan bahan-bahan es krim yang kamu inginkan ke dalam digital ice cream maker, lalu tekan tombol untuk memulai proses pembuatannya.

Alat ini akan mengaduk dan membekukan bahan-bahan es krim secara otomatis, dan memberitahu kamu saat es krim sudah siap disajikan.

Digital ice cream maker cocok untuk kamu yang ingin membuat es krim dengan rasa dan bahan yang sesuai dengan selera dan kesehatanmu.

Singing Pasta Timer

Alat ini bisa membantu kamu untuk memasak pasta dengan tingkat kematangan yang sempurna. Kamu cukup memasukkan singing pasta timer ke dalam panci berisi air mendidih dan pasta, lalu atur tingkat kematangan yang kamu inginkan.

Alat ini akan bernyanyi dengan lagu yang berbeda sesuai dengan tingkat kematangan pasta, mulai dari al dente, hingga well done.

Singing pasta timer cocok untuk kamu yang ingin memasak pasta dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Nah, itulah 10 peralatan dapur canggih yang bisa membuat masak jadi lebih mudah dan seru.

Dengan menggunakan peralatan-peralatan ini, kamu bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya saat memasak.

Selain itu, kamu juga bisa berkreasi dengan berbagai bahan makanan dan menyajikan hidangan yang lezat dan sehat untuk diri sendiri dan keluarga.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera lengkapi dapurmu dengan peralatan-peralatan canggih ini!

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article