Pengumuman CPNS Mahkamah Agung 2024: Tersedia 20.000 Formasi

khosnol By khosnol
5 Min Read
Pengumuman CPNS Mahkamah Agung 2024: Tersedia 20.000 Formasi
Screenshot

jfid – Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten dan profesional, Mahkamah Agung Republik Indonesia kembali membuka kesempatan besar melalui penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024.

Pada tahun ini, Mahkamah Agung menyediakan total sebanyak 20.000 formasi yang tersebar dalam berbagai posisi strategis.

Pengumuman ini menjadi angin segar bagi para pencari kerja yang ingin mengabdikan diri di lingkungan peradilan tertinggi di Indonesia.

Rincian Formasi CASN Mahkamah Agung 2024

Rencana awal penerimaan CASN Mahkamah Agung telah mendapatkan persetujuan dari Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Dari total 20.000 formasi yang disediakan, 4.949 formasi di antaranya adalah untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Adapun sisa formasi lainnya, yaitu sebanyak 15.051 formasi, dialokasikan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Secara lebih spesifik, dari total 15.051 formasi PPPK, sebanyak 9.276 formasi diproyeksikan untuk posisi analis perkara peradilan yang nantinya akan diarahkan menjadi calon hakim.

Keputusan ini diambil sebagai langkah strategis untuk memperkuat kapasitas dan kapabilitas Mahkamah Agung dalam menangani berbagai perkara hukum yang semakin kompleks dan beragam.

Jadwal Pelaksanaan dan Kepastian dari Menteri PANRB

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, memastikan bahwa pelaksanaan penerimaan CASN ini tidak akan ditunda meskipun bersamaan dengan pelaksanaan Pilkada serentak.

Hal ini diharapkan dapat menjawab kekhawatiran masyarakat terkait kemungkinan penundaan rekrutmen akibat agenda politik yang berlangsung.

Menurut Menteri Abdullah Azwar Anas, pelaksanaan penerimaan CASN tahun ini sudah dipersiapkan dengan matang dan terstruktur sehingga dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Kami memastikan bahwa pelaksanaan CASN Mahkamah Agung akan tetap berjalan sesuai jadwal tanpa hambatan yang berarti,” ujar Anas.

Proses Seleksi yang Transparan dan Akuntabel

Pelaksanaan seleksi CASN Mahkamah Agung tahun 2024 ini diharapkan dapat berlangsung dengan transparan dan akuntabel.

Seleksi akan dilakukan melalui beberapa tahapan, yang meliputi seleksi administrasi, tes kompetensi dasar (TKD), dan tes kompetensi bidang (TKB).

Seluruh proses seleksi akan diawasi dengan ketat untuk memastikan tidak adanya kecurangan atau penyimpangan.

Para calon peserta seleksi diimbau untuk mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditentukan.

Informasi lengkap mengenai persyaratan dan tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi Mahkamah Agung maupun KemenPANRB.

Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS Mahkamah Agung 2024

Berikut ini adalah beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon pelamar:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran
  3. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan posisi yang dilamar
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Bebas dari penggunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya
  6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  7. Tidak berkedudukan sebagai Calon PNS atau PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri
  8. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan SKCK dari Kepolisian
Share This Article