Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 68 Resmi Dibuka

khosnol
By khosnol
4 Min Read
Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 68 Resmi Dibuka
Screenshot

jfid – Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 68 telah resmi dibuka mulai hari ini, Jumat (17/5/2024).

Informasi ini diumumkan melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id. Program ini dirancang untuk membantu masyarakat meningkatkan keterampilan mereka dan meningkatkan peluang kerja.

Bagi yang berminat, berikut adalah panduan lengkap mengenai syarat, cara daftar, tips lolos, serta insentif yang akan didapatkan.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 68

Sebelum mendaftar, pastikan Anda memenuhi semua syarat yang telah ditetapkan. Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI): Calon peserta harus dapat membuktikan kewarganegaraan mereka dengan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  2. Usia Minimal 18 Tahun: Peserta harus berusia minimal 18 tahun.
  3. Tidak Sedang Mengikuti Pendidikan Formal: Pendaftar tidak boleh sedang mengikuti pendidikan formal, baik itu sekolah maupun kuliah.
  4. Status Pekerjaan: Pendaftaran terbuka bagi mereka yang sedang melamar pekerjaan, karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pekerja yang ingin meningkatkan keahlian, buruh yang dirumahkan, buruh bukan penerima upah, serta pelaku UMKM.
  5. Bukan Pejabat Negara atau ASN: Pendaftar tidak boleh berasal dari kelompok pejabat negara, ASN (Aparatur Sipil Negara), anggota Kepolisian, anggota TNI, kepala desa beserta perangkatnya, serta direktur/komisaris atau dewan pengawas BUMN/BUMD.
  6. Batasan Keluarga: Dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang sama, hanya diperbolehkan dua anggota keluarga yang bisa mengikuti program ini.

Insentif Kartu Prakerja Gelombang 68

Program Kartu Prakerja tidak hanya memberikan pelatihan, tetapi juga berbagai insentif kepada pesertanya.

Total nilai manfaat yang bisa diperoleh adalah sebesar Rp4,2 juta dengan rincian sebagai berikut:

  1. Beasiswa Pelatihan: Setiap peserta akan mendapatkan beasiswa pelatihan sebesar Rp3,5 juta. Dana ini digunakan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang telah disediakan di platform resmi.
  2. Insentif Biaya Mencari Kerja: Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan menerima insentif sebesar Rp600.000, yang cair satu kali.
  3. Insentif Pengisian Survei Evaluasi: Peserta juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp50.000 untuk pengisian survei evaluasi, yang bisa cair paling banyak dua kali.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 68

Pendaftaran Kartu Prakerja dilakukan secara online melalui laman resmi prakerja.go.id. Berikut langkah-langkah pendaftarannya:

  1. Kunjungi Laman Prakerja.go.id: Akses situs resmi Kartu Prakerja.
  2. Masuk ke Akun Anda: Jika sudah memiliki akun, masuklah menggunakan email dan password yang telah terdaftar.
  3. Gabung Gelombang: Setelah masuk ke dashboard akun, klik “Gabung Gelombang” pada gelombang yang sedang dibuka, yaitu gelombang 68.

Tips Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja

Agar peluang lolos pendaftaran Kartu Prakerja semakin besar, perhatikan beberapa tips berikut:

  1. Pastikan Data Diri Benar dan Lengkap: Kesalahan dalam mengisi data diri dapat menyebabkan pendaftaran Anda ditolak. Pastikan semua informasi sesuai dengan data yang ada di e-KTP.
  2. Siapkan Dokumen Pendukung: Jika diperlukan, siapkan dokumen tambahan seperti surat keterangan dari desa atau kelurahan untuk memastikan domisili.
  3. Pilih Pelatihan yang Relevan: Saat memilih pelatihan, pilihlah yang relevan dengan bidang pekerjaan atau keterampilan yang ingin Anda tingkatkan. Ini akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan setelah pelatihan.
  4. Cermat Saat Mengisi Survei: Pengisian survei evaluasi juga menjadi bagian penting dalam proses ini. Pastikan Anda mengisinya dengan cermat dan jujur.
  5. Periksa Jadwal Pendaftaran: Perhatikan baik-baik jadwal pendaftaran dan pastikan Anda mendaftar sebelum batas waktu yang ditentukan, yaitu hingga 20 Mei 2024.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article