Mau Bisa Bahasa Inggris? Coba Deh 10 Cara Belajar Inggris Otodidak Ini!

Fahrur Rozi
8 Min Read
Mau Bisa Bahasa Inggris? Coba Deh 10 Cara Belajar Inggris Otodidak Ini!
Mau Bisa Bahasa Inggris? Coba Deh 10 Cara Belajar Inggris Otodidak Ini!

jfid – Belajar bahasa Inggris kini bukan lagi sekadar kegiatan tambahan, melainkan kebutuhan yang mendesak.

Baik untuk siswa, mahasiswa, maupun pelamar kerja, penguasaan bahasa Inggris menjadi salah satu syarat utama untuk bersaing di dunia global.

Bahkan, untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), tes bahasa Inggris juga menjadi bagian yang tidak bisa diabaikan.

Namun, tidak semua orang memiliki kesempatan, waktu, dan biaya untuk mengikuti kursus bahasa Inggris secara formal.

Apakah itu berarti mereka harus menyerah dan mengubur impian mereka untuk bisa berbahasa Inggris dengan lancar? Tentu saja tidak.

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri atau otodidak, yaitu dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia di sekitar kita.

Belajar bahasa Inggris otodidak tidak harus membosankan, sulit, atau monoton. Justru sebaliknya, belajar bahasa Inggris otodidak bisa menjadi kegiatan yang seru, mudah, dan efektif, asalkan kita tahu caranya.

Berikut adalah sepuluh cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak untuk pemula yang bisa kamu coba:

  • Pelajari kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris. Sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus memulai dari dasar, yaitu mengenal kata-kata yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Mulailah dari benda dan hal yang ada di sekitarmu, seperti “mug”, “kettle”, “cup”, “clipper”, “scissor”, “hair comb”, “knife”, “pan”, “soap”, “worksheet”, “bed sheet”, “pillow”, “bowl”, “plate”, “spoon”, “fork”, “paper bag”, “dishes”, dan lain-lain. Kamu bisa menempelkan label berbahasa Inggris pada benda-benda tersebut agar kamu terbiasa melihat dan mengucapkannya.
  • Biasakan penggunaan kata kerja sesuai subjek. Bahasa Inggris memiliki aturan perubahan kata kerja yang berbeda-beda sesuai dengan subjek yang digunakan, seperti aku, kamu, dia, dan mereka. Untuk membiasakan diri dengan aturan ini, kamu bisa berlatih menulis kalimat aktif sederhana yang berubah sesuai subjeknya. Contohnya seperti “I love you”, “You love her”, “She loves him”, “He loves me”, “They love her”, dan “We love her”.
  • Dengarkan lagu berbahasa Inggris. Siapa bilang belajar bahasa Inggris harus selalu dengan buku teks? Kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan, yaitu dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Kamu bisa memilih genre lagu yang kamu sukai, lalu dengarkan liriknya dengan seksama. Kamu juga bisa menulis lirik lagu tersebut dan mencari arti kata-kata yang tidak kamu mengerti. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan kemampuan mendengar (listening) dan kosakata (vocabulary) kamu.
  • Tonton film berbahasa Inggris. Cara mudah belajar bahasa Inggris lainnya adalah dengan menonton film berbahasa Inggris. Namun, ada trik khusus yang harus kamu lakukan, yaitu dengan mematikan subtitle bahasa Indonesia dan menggantinya dengan subtitle bahasa Inggris. Dengan cara ini, kamu bisa melatih kemampuan membaca (reading) dan menulis (writing) kamu. Kamu juga bisa menirukan ucapan para aktor dan aktris di film tersebut untuk melatih kemampuan berbicara (speaking) dan pelafalan (pronunciation) kamu.
  • Baca buku berbahasa Inggris. Membaca buku berbahasa Inggris tidak harus membosankan. Kamu bisa memilih buku yang sesuai dengan minat dan tingkat kemampuan kamu, seperti novel, komik, skenario film, naskah drama, buku self-help, biografi, dan lain-lain. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur preview di berbagai platform toko buku digital dan di Google Books untuk membaca beberapa bab secara gratis. Membaca buku berbahasa Inggris akan membantu kamu memperkaya kosakata dan memahami struktur kalimat yang benar.
  • Baca kamus bahasa Inggris. Kamus bahasa Inggris adalah teman setia bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa Inggris otodidak. Kamus bahasa Inggris bisa membantu kamu mengetahui arti, ejaan, pelafalan, dan contoh penggunaan kata-kata yang kamu temukan saat mendengarkan lagu, menonton film, atau membaca buku berbahasa Inggris. Kamus bahasa Inggris bisa berupa buku cetak, aplikasi, atau situs web. Kamu bisa memilih yang paling mudah dan praktis untuk kamu gunakan.
  • Tulis dalam bahasa Inggris. Setelah kamu memiliki kosakata yang cukup, kamu bisa mulai melatih kemampuan menulis (writing) kamu. Kamu bisa menulis tentang apa saja yang kamu suka, misalnya tentang hobi, cita-cita, pengalaman, atau opini kamu. Kamu juga bisa menulis ulang kalimat atau paragraf yang kamu temukan dalam bahasa Inggris dan menerjemahkannya ke bahasa Indonesia. Kamu bisa meminta bantuan teman, guru, atau aplikasi untuk memeriksa dan memperbaiki tulisan kamu.
  • Dengar podcast dan tonton film dokumenter berbahasa Inggris. Podcast dan film dokumenter berbahasa Inggris adalah sumber belajar yang sangat bermanfaat. Kamu bisa mendengarkan dan menonton berbagai topik yang menarik dan informatif, seperti sejarah, budaya, sains, teknologi, bisnis, kesehatan, dan lain-lain. Kamu juga bisa belajar cara berbicara yang baik dan benar dari para pembicara dan narator yang biasanya adalah penutur asli bahasa Inggris (native speaker). Jika kamu merasa terlalu cepat, kamu bisa memperlambat kecepatan putar dengan fitur yang tersedia di platform pemutar podcast atau film tersebut.
  • Berbicara di depan cermin. Belajar berbicara bahasa Inggris dengan orang lain mungkin terasa canggung atau malu untuk pertama kali. Oleh karena itu, kamu bisa mulai belajar berbicara bahasa Inggris di depan cermin untuk membiasakan diri. Kamu bisa berlatih mengucapkan kata-kata, kalimat, atau percakapan yang kamu pelajari. Kamu juga bisa merekam latihan kamu dan mendengarkannya kembali untuk mengecek pelafalan yang perlu diperbaiki. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur pelafalan di Google Translate untuk mendengar cara mengucapkan kata-kata yang kamu ingin tahu.
  • Berinteraksi dengan orang yang fasih berbahasa Inggris. Cara terbaik untuk belajar bahasa Inggris otodidak adalah dengan berinteraksi dengan orang yang fasih berbahasa Inggris, baik itu teman, guru, atau penutur asli. Kamu bisa mencari orang-orang yang mau berbicara bahasa Inggris dengan kamu, baik secara langsung maupun secara online. Kamu bisa menggunakan berbagai media sosial, situs web, atau aplikasi untuk berkenalan dan berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara yang berbahasa Inggris. Kamu juga bisa mengikuti kursus bahasa Inggris online yang menawarkan layanan percakapan dengan guru atau teman sesama pengguna.

Itulah sepuluh cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak untuk pemula yang bisa kamu coba.

Belajar bahasa Inggris otodidak tidak harus terasa berat atau membosankan. Justru sebaliknya, belajar bahasa Inggris otodidak bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, mudah, dan efektif, asalkan kamu mau berusaha dan konsisten.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mulai belajar bahasa Inggris otodidak sekarang juga!

Share This Article