Masa Emas di Masa Tua: Panduan Wanita untuk Mempersiapkan Pensiun yang Bahagia dan Sejahtera

lutfiati By lutfiati
3 Min Read

jfid – Masa pensiun adalah fase hidup yang akan datang untuk semua orang, sehingga sangatlah penting untuk mempersiapkannya.

Namun, sayangnya fakta mengatakan lain: berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebanyak 93% pekerja formal di Indonesia tidak memiliki perencanaan pensiun.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu terapkan sekarang juga untuk tetap bahagia saat pensiun:

Menjaga Kesehatan Kesehatan yang prima merupakan kunci utama untuk hidup bahagia. Mulailah menjaga kesehatanmu dengan berolahaga secara teratur, konsumsi makanan sehat, dan menjaga pola tidur.

Ketika mencegah lebih baik daripada mengobati, tidak ada salahnya lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin sekalipun saat ini kamu dalam kondisi sehat.

Mulai Lakukan Hobi Apakah aktivitas atau hobi yang paling kamu sukai? Lakukan dari sekarang, karena melakukan hobi sangat baik untuk kesehatan, khususnya kesehatan mental.

Ketika masuk masa pensiun, kamu bisa menekuni hobi sebagai upaya untuk tetap aktif, produktif, dan menghilangkan stres.

Giat Menabung Mumpung kamu masih bekerja dan mendapatkan pemasukan, pikirkan kembali kebiasaan belanjamu. Mulailah berhemat, sebagai upaya memiliki tabungan atau dana pensiun sejak dini.

Kamu bisa mengembangkan belanja cerdas untuk menjadi kebiasaan dengan mengurangi pengeluaran tanpa mengorbankan gaya hidup yang kamu jalani.

Bebaskan Diri dari Utang Meskipun kamu telah mempersiapkan dana pensiun sejak dini, jangan sampai mengabaikan kewajiban membayar utang. Idealnya, kamu harus mengisi masa pensiun tanpa beban utang.

Mengantisipasi Kondisi Kesehatan yang Membutuhkan Perhatian Lebih Seiring bertambahnya usia dan menurunnya kondisi fisik, risiko kesehatan juga meningkat.

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan bagaimana solusi untuk mengatasi dampak dari inflasi selama masa pensiun.

Memberikan Ketenangan Pikiran dan Keamanan Finansial Persiapan pensiun juga penting untuk memberikan ketenangan pikiran dan keamanan finansial di masa tua.

Dengan memiliki dana pensiun yang cukup, seseorang dapat menjalani hari-harinya tanpa kekhawatiran finansial yang berlebihan.

Dengan persiapan yang tepat, Anda dapat bebas dari ketergantungan finansial dan tidak banyak membebankan keluarga.

Selain itu, Anda tidak perlu untuk terlalu bergantung pada manfaat pensiun dari pemerintah, yang mungkin belum mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.

Masa pensiun adalah fase hidup yang akan datang untuk semua orang, sehingga sangatlah penting untuk mempersiapkannya.

Mari, bersama kita telusuri mengapa hal ini adalah tahap hidup yang perlu dipersiapkan dengan baik.

Jadi, apa yang kamu tunggu? Mulailah persiapanmu dari sekarang dan nikmati masa pensiun yang bahagia dan sejahtera. Ingat, persiapan yang baik adalah kunci keberhasilan. Selamat berjuang!

Share This Article