Kenaikan UKT Memicu Kegelisahan Mahasiswa FK Unair: Apakah Ada Solusi?

Fahrur Rozi By Fahrur Rozi
3 Min Read
Kenaikan UKT Memicu Kegelisahan Mahasiswa FK Unair: Apakah Ada Solusi?
Kenaikan UKT Memicu Kegelisahan Mahasiswa FK Unair: Apakah Ada Solusi?

jfid – Universitas Airlangga (Unair), khususnya Fakultas Kedokteran (FK), dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan terkemuka di Indonesia.

Namun, kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) baru-baru ini telah memicu kegelisahan di kalangan mahasiswa. Isu ini bukan hanya tentang biaya pendidikan, tetapi juga tentang dampaknya terhadap aksesibilitas dan kualitas pendidikan.

Dampak Kenaikan UKT

Kenaikan UKT menjadi beban tambahan bagi mahasiswa dan orang tua. Banyak mahasiswa FK Unair yang merasa terbebani dengan peningkatan ini,

terutama mereka yang berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah. Dampaknya meliputi:

  1. Stres Finansial: Mahasiswa harus memikirkan cara untuk menutupi biaya tambahan, yang dapat mengganggu konsentrasi belajar.
  2. Potensi Penurunan Kualitas Pendidikan: Mahasiswa yang bekerja paruh waktu untuk menutupi biaya tambahan mungkin akan mengalami penurunan performa akademik.
  3. Aksesibilitas Terbatas: Mahasiswa berprestasi dari latar belakang ekonomi lemah mungkin terhambat untuk masuk atau melanjutkan studi di FK Unair.

Solusi yang Ditawarkan

Untuk meredakan kegelisahan ini, ada beberapa solusi yang bisa dipertimbangkan oleh pihak universitas dan pemerintah:

Beasiswa dan Bantuan Keuangan: Peningkatan jumlah dan jenis beasiswa bisa menjadi solusi. Universitas perlu bekerja sama dengan pemerintah dan sektor swasta untuk menyediakan lebih banyak bantuan keuangan.

Program Pembayaran Bertahap: Menawarkan skema pembayaran UKT yang lebih fleksibel dapat membantu meringankan beban finansial mahasiswa. Program cicilan atau pembayaran bertahap dapat menjadi alternatif yang layak.

Transparansi Anggaran: Universitas perlu menjelaskan secara rinci alasan di balik kenaikan UKT.

Transparansi ini penting untuk mendapatkan dukungan dan pemahaman dari mahasiswa dan orang tua.

Kerjasama dengan Industri: Membuka peluang magang berbayar atau kerja sama dengan industri kesehatan dapat membantu mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja sekaligus pendapatan tambahan.

Dukungan Kesehatan Mental: Menyediakan layanan konseling dan dukungan kesehatan mental bagi mahasiswa yang mengalami stres akibat kenaikan UKT juga sangat penting.

Perspektif Mahasiswa

Mahasiswa FK Unair sendiri memiliki berbagai pandangan terkait kenaikan UKT. Beberapa di antaranya menyatakan bahwa mereka memahami kebutuhan universitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan, namun berharap ada solusi yang lebih adil dan inklusif.

Kesimpulan

Kenaikan UKT di FK Unair memicu berbagai reaksi dari mahasiswa. Penting bagi pihak universitas untuk mendengarkan aspirasi mahasiswa dan mencari solusi yang bisa mengurangi beban finansial mereka.

Beasiswa, fleksibilitas pembayaran, transparansi, dan dukungan kesehatan mental adalah langkah-langkah yang bisa diambil untuk membantu mahasiswa tetap fokus pada tujuan akademis mereka tanpa harus terbebani oleh masalah finansial.

Dengan kerjasama yang baik antara semua pihak, diharapkan masalah ini bisa diatasi dengan solusi yang efektif dan berkelanjutan.

Share This Article