7 Januari: Hari Penuh Sejarah dan Keajaiban

Noer Huda
2 Min Read

jfid – Tak terduga tapi penuh keajaiban, 7 Januari mungkin terdengar seperti hari yang biasa, namun ternyata menyimpan rentetan peristiwa penting yang membentuk sejarah dunia dan sains.

Dari penemuan astronomi yang revolusioner hingga panggilan telepon internasional pertama, tanggal ini menjadi saksi beragam peristiwa luar biasa.

Penemuan Empat Bulan Jupiter

Momen langka di awal abad ke-17, Galileo Galilei, seorang ilmuwan terkemuka asal Italia, menemukan empat bulan terbesar Jupiter pada 1610.

Pencapaiannya menggunakan teleskop ciptaannya sendiri membawa pengetahuan baru: Jupiter dikelilingi oleh Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.

Temuannya meruntuhkan pandangan bahwa semua benda langit mengelilingi Bumi, menyokong teori heliosentris yang revolusioner.

Era Baru Komunikasi

Pada tahun 1927, sebuah jaringan komunikasi baru terbentuk.

Panggilan telepon internasional perdana antara New York City dan London terjadi, menghubungkan Walter S. Gifford, presiden American Telephone and Telegraph Company (AT&T), dengan Sir Evelyn P. Murray, sekretaris umum Post Office Inggris.

Melalui sistem radio transatlantik, suara mereka mengubah paradigma komunikasi internasional.

Natal Menurut Kalender Julian

7 Januari juga memperingati Hari Natal dalam kalender Julian, digunakan sebelum era kalender Gregorian.

Hari ini, gereja-gereja Ortodoks memperingati Natal dengan ibadah, puasa, dan pemberian hadiah, menandai perbedaan tanggal yang menyimpan arti religius yang mendalam.

Peristiwa Lainnya

Di luar tiga momen besar itu, tanggal ini juga dicatat dalam sejarah dengan beragam peristiwa lainnya.

Mulai dari transisi kekuasaan hingga pencapaian teknologi, tanggal 7 Januari menegaskan bahwa sejarah tidaklah statis.

Dari pengakuan terhadap pemerintahan baru hingga revolusi politik, tanggal 7 Januari terbukti menjadi titik kritis dalam perjalanan sejarah.

Meski terkesan sebagai hari yang sederhana, tetapi sebenarnya menyimpan sejuta makna dalam lembaran sejarah panjang dunia.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article