Cara Menjadi CPNS 2023 bagi Lulusan S1 Semua Jurusan

Noer Huda
4 Min Read

jfid – Hari ini, pada tanggal Rabu, 20 September 2023, pintu kesempatan terbuka lebar bagi para lulusan S1 dari berbagai jurusan untuk merintis karier sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023.

Inilah peluang emas untuk menjawab panggilan negara, tetapi jalan menuju menjadi seorang CPNS bukanlah tugas yang ringan. Para calon pelamar akan berhadapan dengan kompetisi sengit yang melibatkan jutaan individu dan menghadapi serangkaian ujian seleksi yang tidak mudah.

Ada tiga jenis persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pelamar CPNS 2023, yaitu persyaratan umum, persyaratan khusus, dan persyaratan administratif.

Persyaratan umum mencakup berbagai aspek seperti usia, tingkat pendidikan, status kesehatan, dan keberadaan hukum calon pelamar. Di samping itu, terdapat pula persyaratan khusus yang ditentukan oleh instansi yang membuka formasi, yang mengharuskan para pelamar memenuhi kriteria tertentu.

Selanjutnya, persyaratan administratif mengacu pada berkas-berkas dan dokumen yang wajib dilengkapi oleh para calon pelamar. Semua persyaratan ini dapat ditemukan dengan lengkap di laman resmi SSCASN.

Menggenggam jabatan sebagai CPNS memiliki sejumlah manfaat yang menggiurkan bagi lulusan S1.

Salah satu diantaranya adalah gaji yang kompetitif serta fasilitas yang memadai. Selain itu, menjadi CPNS menawarkan peluang besar untuk mengembangkan karier dan meningkatkan kompetensi secara profesional.

Yang tidak kalah penting adalah penuaan batin yang didapat ketika seseorang dapat berbakti kepada negara dan masyarakat melalui posisi ini.

Namun, harus diakui bahwa menjadi CPNS juga menghadirkan sejumlah tantangan yang berat. Salah satu di antaranya adalah persaingan ketat antara para calon pelamar. Dalam CPNS 2020, misalnya, jumlah pelamar mencapai angka mencengangkan, yakni sekitar 4,9 juta individu, sementara jumlah formasi yang tersedia hanya sekitar 205 ribu.

Hasilnya, rasio antara pelamar dan formasi menjadi sangat ketat, yakni sekitar 24:1. Selain itu, para pelamar juga harus melewati serangkaian ujian seleksi CPNS yang serius.

Ujian seleksi CPNS terdiri dari tiga tahap penting, yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), dan tahap wawancara. Hanya sekitar 8 persen dari total pelamar yang berhasil melewati tahap seleksi CPNS 2020.

Sementara itu, tantangan lainnya adalah kurangnya persiapan atau panduan yang tersedia bagi calon pelamar CPNS. Banyak dari mereka yang tidak memiliki pemahaman yang cukup mengenai proses pendaftaran, pengisian data, pemilihan formasi, maupun materi ujian seleksi CPNS.

Di atas semua itu, tantangan terberat adalah adanya praktik-praktik tidak sehat yang merugikan para pelamar yang jujur dan berprestasi.

Praktik-praktik tersebut mencakup berbagai tindakan seperti korupsi, nepotisme, kolusi, atau penipuan yang dilakukan oleh individu yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu, para lulusan S1 yang memiliki tekad untuk mendaftar CPNS 2023 haruslah bersiap secara matang dan cerdas.

Sejumlah tips dapat membantu para calon pelamar CPNS 2023, diantaranya adalah memilih formasi yang sesuai dengan minat dan kemampuan, mempersiapkan diri dengan baik terhadap materi ujian seleksi CPNS, mengikuti berbagai program bimbingan atau try out yang tersedia, menjaga kesehatan fisik dan mental, serta menjalani proses seleksi dengan penuh integritas dan sportivitas. Dengan persiapan yang matang dan semangat yang tinggi, impian untuk menjadi seorang CPNS dapat menjadi kenyataan. Semoga berhasil!

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article