Baru Jadi Universitas, Muhammadiyah Maumere Bikin Terobosan Pembayaran UKT

Noer Huda By Noer Huda - Content Creator
3 Min Read
Baru Jadi Universitas, Muhammadiyah Maumere Bikin Terobosan Pembayaran UKT
Baru Jadi Universitas, Muhammadiyah Maumere Bikin Terobosan Pembayaran UKT

jfid – Di tengah meningkatnya kekhawatiran mengenai kenaikan biaya kuliah di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Maumere hadir dengan berbagai kebijakan yang meringankan beban finansial mahasiswa.

Berlokasi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, universitas ini baru beralih status pada 10 Oktober 2023.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Universitas Muhammadiyah Maumere yang dapat menjadi pertimbangan bagi calon mahasiswa.

Pembayaran dengan Hasil Bumi

Sebagai upaya untuk membantu mahasiswa dari keluarga petani dan nelayan, Universitas Muhammadiyah Maumere menerima pembayaran uang kuliah atau UKT dengan hasil bumi.

Rektor Erwin Prasetyo menyebut bahwasanya sudah lama menerapkan pembayaran dengan hasil bumi untuk memfasilitasi mahasiswa yang memiliki kesulitan ekonomi.

Kebijakan ini menunjukkan perhatian universitas terhadap kondisi sosial-ekonomi mahasiswanya dan menawarkan fleksibilitas dalam pembayaran biaya kuliah.

Transformasi Menjadi Universitas

Pada 10 Oktober 2023, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Maumere resmi menjadi Universitas Muhammadiyah Maumere.

Transformasi ini memperkuat posisi institusi sebagai lembaga pendidikan tinggi yang lebih komprehensif, memperluas program studi, dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen universitas untuk terus berkembang dan berkontribusi pada pendidikan di Indonesia Timur.

Dukungan Beasiswa dan Potongan Biaya Kuliah

Universitas Muhammadiyah Maumere menyediakan berbagai bentuk dukungan finansial bagi mahasiswa, seperti beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan beasiswa LazisMu.

Selain itu, universitas ini juga memberikan potongan biaya kuliah untuk pendaftar baru. Dalam kunjungannya ke SMA PGRI Lewoleba, Rektor Erwin Prasetyo membagikan voucher potongan biaya kuliah kepada para pelajar yang mendaftar pada periode pendaftaran gelombang pertama hingga Januari 2024.

Ini merupakan salah satu langkah nyata universitas dalam mempermudah akses pendidikan tinggi.

Skema Pembayaran UKT yang Fleksibel

Universitas Muhammadiyah Maumere dikenal dengan skema pembayaran UKT yang fleksibel dan terjangkau. Mahasiswa dapat memilih untuk membayar biaya kuliah dengan cicilan tanpa bunga hingga enam tahun.

Kebijakan ini memastikan pendidikan tetap dapat diakses oleh semua kalangan, mengurangi hambatan ekonomi yang sering dihadapi mahasiswa.

Inklusivitas dan Toleransi Beragama

Dikenal sebagai salah satu “Kampus Krismuha”, Universitas Muhammadiyah Maumere menunjukkan semangat inklusivitas dan toleransi tinggi dengan mayoritas mahasiswa yang beragama Kristen dan Katolik.

Hal ini mencerminkan komitmen universitas untuk memberikan pendidikan yang inklusif tanpa memandang latar belakang agama, suku, atau ras.

Dengan berbagai kebijakan inovatif ini, Universitas Muhammadiyah Maumere tidak hanya menawarkan solusi untuk masalah kenaikan UKT tetapi juga menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung pendidikan yang inklusif dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.

Share This Article